GuidePedia

0
BANDUNG (15/1) - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan memastikan tahun ini dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk SMA/SMK dari Pemprov Jabar tetap ada dan besarannya tetap sama seperti tahun lalu. Menurut Heryawan, dana BOS dari Pemprov Jabar itu bersumber dari APBD 2015.
"Jumlahnya tetap sama termasuk alokasi per siswa per tahun," kata Heryawan di Bandung, Kamis (15/1).
Menurut Gubernur, alokasi dana BOS dari provinsi untuk SMA negeri sebesar Rp 200 ribu per siswa per tahun. Sedangkan untuk SMA swasta nilainya Rp 300 ribu per siswa per tahun.
"Sementara untuk SMK negeri besarannya Rp 400 ribu per siswa per tahun dan untuk SMK swasta Rp 500 ribu per siswa per tahun. Jika dikalkulasikan semuanya sebesar Rp 600 miliar. Jadi dana BOS dari provinsi masih ada," kata Heryawan.
Menurut Gubernur, untuk biaya pendidikan SMA/SMK di kabupaten bisa gratis karena jumlahnya memang sudah mencukupi. "Mungkin untuk di perkotaan yang masih harus dikelola lebih baik, karena beda standarnya. Namun jangan sampai membuat standar sendiri," ujarnya.
Gubernur kembali menegaskan bahwa dana BOS untuk SMA/SMK masih ada. Hal ini untuk meyakinkan para siswa karena munculnya rencana pemerintah pusat untuk menghapus dana BOS.
"Kecuali untuk SD dan SMP tidak ada lagi dana BOS provinsi karena anggaran dari pusat sudah naik signifikan sehingga untuk SD dan SMP sudah bisa tercover dari anggaran pemerintah pusat. Namun kalau masih ada kekurangan nanti diselesaikan oleh kabupaten/kota," kata Heryawan.

Post a Comment

 
Top