GuidePedia

0


BANDUNG (21/1) - Cirebon dengan kesultanannya memiliki keterikatan sejarah dan budaya yang kuat dengan Jawa Barat, mulai dari Kerajaan Galuh, Sunda, dan Pajajaran bermuara di Cirebon. Karenanya Cirebon dipercaya menjadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara tahun 2017 nanti.
Hal ini diungkapkan oleh Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat usai berdialog dengan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) pada hari Rabu pagi (21/01) di Gedung Sate, Kota Bandung.
Menurut Sultan Sepuh XIV, selain akan dihadiri oleh Raja dan Sultan se-Nusantara, pihaknya juga akan mengundang raja-raja dari luar negeri untuk turut hadir pada festival tersebut. Dalam pertemuan bersama Gubernur Aher, ia juga menyampaikan dukungan atas perhatian Jawa Barat terhadap pelestarian budaya, agama, serta penetapan Cirebon Raya sebagai Kota Metropolitan.
”Bagaimana pembangunan di Jawa Barat ini khususnya di bidang agama, bidang kebudayaan, dan pariwisata itu terus meningkat lebih baik lagi. Dan juga Cirebon Raya sebagai Kota Metropolitan yang telah diprogramkan oleh Pak Gubernur itu. Nah ini yang kita diskusikan tadi,” ujar Sultan Sepuh XIV.
Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Aher menyatakan komitmennya untuk terus melestarikan nilai-nilai sejarah dan budaya yang terdapat di Cirebon. Menurut Aher, perhatian tersebut tidak hanya dari Pemprov Jawa Barat, tetapi juga dukungan dari pemerintah pusat. Aher pun mendukung pelestarian berbagai bangunan heritage (pusaka), seperti keraton dan Masjid Agung, serta pengembangan pendidikan di Cirebon.
“Melestarikan mesjid yang ada disana, lebih terawat lagi dengan baik, sekarang sudah terawat dengan baik, posisinya sudah bagus, dipakai tiap hari untuk sholat dan Sholat Jumat. Kita nanti akan rawat lebih lanjut lagi. Disana juga ada sekolah kejuruan kesenian juga kita lestarikan juga. Kita bina juga agar menjadi sekolah yang maju. Ada pesantren juga dan ada sejumlah hal yang kemudian bagian dari heritage yang tak terpisahkan, dan semua itu Insya Allah kita berkomitmen untuk terus melestarikannya,” pungkas Aher.

Sumber: Humas Pemprov Jawa Barat

Post a Comment

 
Top