GuidePedia

0


MEDAN (14/1) – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Utara (Sumut) telah membuktikan eksistensinya sebagai lembaga yang mampu melahirkan pemimpin-pemimpin muda di berbagai bidang. Hal ini disampaikan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho saat meresmikan Gedung KNPI di Jalan Pancing Medan, Rabu (14/1).
"Kedepan KNPI harus terus dapat mempertahankan sebagai kawah candradimuka-nya pemuda. Sebagai tempat mendidik kaum muda untuk menjadi pemimpin-pemimpin masa depan yang berkarakter dan siap meneruskan estafet pembangunan di negeri ini," kata Gubernur Gatot.
Gubernur melanjutkan peresmian Gedung KNPI merupakan komitmen Pemprov Sumut dalam peran dan tanggungjawab menyediakan fasilitas sarana dan prasarana untuk meningkatkan potensi dan sumber daya pemuda Sumatera Utara. Sehingga kedepannya, Gedung KNPI diharapkan menjadi simbol kebangkitan pemuda Sumut yang diwujudkan dengan peran pemuda dalam pembangunan, sebagai wadah eksplorasi kreativitas dan pusat kegiatan pemuda.
"Misalnya menjadi pusat kegiatan kewirausahaan pemuda guna pengembangan kapasitas pemuda dan pemberdayaan pemuda," ujar Gubernur.
Menurut Gubernur Gatot, pemuda merupakan potensi dasar dan pondasi utama bangsa dan negara. Hal ini disebabkan dari 250 juta penduduk Indonesia, sebanyak 62,3 juta atau 26,2 persen adalah pemuda usia 16-30 tahun. Oleh karena itu, pemerintah melalui UU Kepemudaan membuat pola dasar pembangunan kepemudaan dengan penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan, antara lain dengan mewujudkan pemuda yang mandiri, berkarakter, dan berdaya saing.
“Dengan pola dasar tersebut diharapkan akan lahir pemuda yang mampu menghadapi tantangan global, khususnya MEA yang mulai berlaku tahun ini (2015),” pesan Gubernur.
Gubernur Gatot pun optimistis bahwa gedung baru KNPI dapat mewujudkan mimpi-mimpi pemuda yang mampu berdaya saing di kancah percaturan global. Baik yang akan menjadi pemimpin, politisi, wirausaha muda, dan profesional muda lainnya.
"Gedung ini juga harus menjadi tempat untuk menggelorakan semangat nasionalisme, cinta tanah air, dan membangun karakter bangsa. Jadi pemuda yang demikianlah yang menjadi harapan Sumut Bangkit guna mewujudkan Sumut yang berdaya saing, maju, dan sejahtera," harapnya.
Sementara itu, Ketua KNPI Sumut Yasir Ridho mengatakan banyak tokoh yang telah berjasa dalam upaya berdirinya gedung yang diharapkan dapat menjadi wadah lahirnya pemuda-pemuda kreatif dan mampu menjawab tantangan zaman.
"KNPI yang merupakan wadah berkumpulnya para pemuda, akan tetap menjadi garda terdepan dalam menghasilkan generasi-generasi muda yang siap menjadi pemimpin bangsa kedepannya," kata Yasir.
Selain Gubernur Gatot, peresmian Gedung KNPI juga dihadiri Wakil Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, Ketua Harian KONI Sumut John Ismadi Lubis, serta para tokoh lainnya. Selain penandatanganan prasasti, acara juga dirangkai dengan penyerahan berkas pengelolaan gedung, serta penanaman bibit pohon durian di depan gedung tersebut.
Sumber: Humas Kantor Gubernur Sumatera Utara

Post a Comment

 
Top