GuidePedia

0


JAKARTA (15/1) - Komisi V DPR RI menuntut penurunan tarif menyusul rencana pemerintah menurunkan harga BBM menjadi di kisaran Rp7000 - 6500. Aturan tentang penurunan tarif harus segera dibuat dan disosialisasikan kepada penyedia moda transportasi untuk dilaksanakan. Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Yudi Widiana Adia, menegaskan rencana pemerintah untuk menurunkan harga BBM harus diikuti dengan penurunan tarif angkutan yang signifikan di lapangan. Pasalnya, harga BBM juga turun signifikan.
“Presiden sudah menyampaikan di media akan menurunkan harga BBM dan meminta tarif tranportasi diturunkan. Sekarang, kami menagih komitmen itu dan harus benar-benar terimplementasikan. Karena meski BBM turun, tidak ada jaminan tarif transportasi bisa kembali seperti semula. Praktiknya di lapangan tarif susah turun. Itu sudah terbukti,” kata Yudi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (15/1).
Komisi V DPR akan mengawasi kebijakan pemerintah dalam menurunkan tarif transportasi, baik tarif angkutan dalam kota, angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP), maupun angkutan kota antar provinsi (AKAP).
“Penurunan tarif harus di semua level. Bukan cuma angkot, tapi AKDP dan AKAP juga. Pemerintah tidak bisa lepas tangan dan hanya mengurusi AKAP. Tapi juga harus mengawasi tarif transportasi di daerah dengan cara berkoordinasi dengan Pemda. Pemerintah harus bertanggung jawab karena kenaikan tarif angkutan ini akibat kebijakan kenaikan BBM November lalu,” kata Yudi.
Sebelumnya, Komisi V juga mengkritik kebijakan pemerintah yang menaikan harga BBM di saat harga BBM dunia justru terus turun. November lalu, Komisi V meminta Pemerintah tidak buru-buru menaikkan harga BBM karena kenaikan harga BBM, otomatis akan mendongkrak kenaikan semua harga, khususnya sembako dan biaya transportasi.
“Sebelum naik, kami sudah minta pemerintah berhati-hati mengambil kebijakan menaikan harga BBM. Apalagi dasar kenaikan harganya tidak beralasan. Sekarang baru dua bulan dinaikkan, harga BBM mau diturunkan lagi. Sementara semua harga sudah naik dan rakyat sudah merasakan dampaknya. Jadi, sekarang pemerintah harus bertanggung jawab dan mengawal agar semua harga dan tarif transportasi turun sesuai dengan penurunan harga BBM yang akan segera diumumkan,” kata Yudi.
Sumber: Humas Fraksi PKS DPR RI

Post a Comment

 
Top