GuidePedia

0


BANDA ACEH (8/1) - Untuk mewujudkan Kota Banda Aceh sebagai model Kota Madani, Pemerintah Kota Banda Aceh (Pemkot) didorong untuk mengatur kembali sektor pariwisata sehingga bisa terkoneksi dengan pelaksanaan syariat Islam di Kota Banda Aceh. Demikian dikatakan Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar di Kantor DPRK setempat, Rabu (7/1).
Farid mengatakan Pemkot Banda Aceh, dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), harus terus berupaya menjadikan Banda Aceh sebagai salah satu tujuan destinasi wisata syariah di Nusantara.
”Dilihat dari segi manapun, Banda Aceh sangat layak menjadi tujuan wisata syariah. Disbudpar harus segera melakukan promosi dan sosialisasi bahwa Banda Aceh memiliki banyak situs syariah yang bisa dikunjungi,” ujar Farid.
Selain itu, Farid mendesak Pemkot Banda Aceh untuk mengajukan qanun (perda syariat Islam di Aceh) pengelolaan kepariwisataan, karena saat ini Banda Aceh baru memiliki qanun retribusi wisata.
“Ketika bicara wisata syariah seharusnya itu ada di Banda Aceh, sedangkan sekarang belum masuk kategori. Padahal dari kesiapannya Banda Aceh sangat layak, sehingga masih butuh kerja keras semua pihak, terutama Disbudpar kota untuk melakukan promosi kepariwisataan, sehingga Banda Aceh menjadi destinasi syariah,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.
Farid menyarankan Pemkot Banda Aceh untuk menetapkan kawasan-kawasan tujuan wisata. Ia merincikan Banda Aceh memiliki sembilan kecamatan dengan potensi wisata yang beragam.
”Kecamatan Ulee Kareng dan Syiah Kuala tepat jika ditunjuk sebagai tujuan wisata kuliner. Kecamatan Meuraksa dan Kuta Alam sebagai tujuan wisata tsunami. Kecamatan Baiturrahman sebagai tujuan wisata religi. Sedangkan Kecamatan Luengbata dan Banda Raya bisa dijadikan sentra ekonomi kreatif,” jelas Farid.
Dengan demikian, lanjut Farid, semua kecamatan di Banda Aceh memiliki nilai jual masing-masing.
”Ini yang harus dilakukan oleh Disbudpar sehingga jumlah wisawatan nasional dan mancanegara terus meningkat, dan ketika mereka tiba disini, kemana mereka mau dibawa, apa yang mereka ingin lihat sudah tergambarkan,” pungkasnya.
Keterangan Foto: Masjid Baiturrahman oleh Muchamad Ardani (http://relawanpksfoto.net)
Sumber: Humas PKS Aceh

Post a Comment

 
Top