GuidePedia

0

MEDAN (25/1) – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho menaruh harapan besar kepada Forum Rektor Indonesia agar mampu menghasilkan gagasan-gagasan brilian, sehingga hasil rumusan konvensi diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menumbuhkan kembali kejayaan Indonesia sebagai negara maritim terbesar dan terkuat di dunia.
Demikian dikatakan Gubernur Gatot dalam Forum Rektor Indonesia (FRI) di Universitas Sumatera Utara (USU) Kota Medan, Sabtu (24/1). FRI diselenggarakan selama tanggal 23-25 Januari 2015 dengan mengangkat tema “Menegakkan Kedaulatan Indonesia sebagai Negara Kepulauan Menuju Negara Maritim yang Bermartabat.”
"Peran aktif perguruan tinggi dalam konteks kebangsaan, khususnya bidang kelautan dan kemaritiman sangat diharapkan (oleh bangsa)," katanya.

Menurut Gubernur Gatot tema yang diangkat oleh FRI sangat menarik dan penting. Tema tersebut sangat relevan dengan visi Indonesia kedepan tentang "Poros Maritim" yang dikumandangkan oleh Presiden Joko Widodo. Gubernur juga menyampaikan terima kasih atas pemilihan Kota Medan sebagai lokasi diselenggarakannya even akademis tingkat nasional itu.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, saya mengucapkan terima kasih FRI dilaksanakan di Medan. Semoga merasa nyaman dan senang selama berada di Kota Medan," ucapnya.

Provinsi Sumut, lanjut Gatot, menjadi indikator keberagaman antarbudaya, antar umat beragama, dan banyak daerah di Indonesia belajar di Sumut mengenai hal tersebut.
"Kami bersyukur dengan itu semua. Dan yang kami ketahui sebuah kawasan akan maju dan berkembang bila masyarakatnya heterogen. Untuk itu dengan posisi Sumut saat ini, kami bermimpi Sumut menjadi provinsi berdaya saing, maju, dan sejahtera," harapnya.
Gubernur Gatot menambahkan dengan hadirnya FRI di Provinsi Sumut diharapkan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi, baik untuk tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota. Apalagi, Sumut merupakan provinsi yang memiliki potensi maritim besar. Sumut memiliki pantai sepanjang 1.300 KM yang terdiri dari 545 KM di pantai timur, 345 KM di pantai barat, serta 350 KM di pulau-pulau Nias dan Nias Selatan.
"Kami membantu penuh Panitia FRI agar pelaksanaan kegiatan akbar ini nantinya berjalan dengan lancar dan sukses, serta mampu menghasilkan keputusan yang dapat memberi pengaruh bagi kehidupan dan kesejahteraan rakyat," tutupnya.
Keterangan Foto Thumbnail:
Gubernur Gatot (kiri) dan Rektor USU Syahril Pasaribu (kanan) memasangkan kain ulos kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago pada FRI 2015 di Kota Medan, Sabtu (24/1).
Sumber: Humas Kantor Gubernur Sumatera Utara

Post a Comment

 
Top