GuidePedia

0


Lebak (15/1) - Jembatan Kiminjan yang menghubungkan Desa Malabar dan Desa Margaluyu, Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak, Provinsi Banten hingga kini belum dibangun. Jembatan tersebut roboh sejak satu tahun lalu akibat diterjang banjir.
Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Lebak Dian Wahyudi mengatakan, Sejumlah masyarakat Desa Malabar dan Desa Margaluyu berharap Jembatan Kiminjan segera diperbaiki. Sebab, tambahnya, jembatan penghubung dua desa tersebut walau pun kondisinya sudah roboh, keberadaannya masih digunakan untuk aktivitas warga.
Dia mengungkapkan, masyarakat hingga saat ini masih menggunakan jembatan Kiminjan untuk berbagai aktivitas, seperti pergi ke sekolah, bekerja dan aktivitas lainnya. Namun, hingga kini, jembatan yang kini hanya ditopang dengan bambu itu hanya bisa dilintasi pejalan kaki saja. “Jembatan ini roboh sekitar satu tahun lalu. Padahal jembatan tersebut belum lama dibangun dan belum genap satu tahun, namun langsung amblas hanya diterjang luapan sungai kecil Kiminjan,” ungkap Dian, di Lebak, Kamis (15/01/2015).
Dian menuturkan, robohnya jembatan tersebut diduga karena kualitas bangunan untuk penopang jembatan dibangun asal-asalan, sehingga tidak kuat menahan beban jembatan yang cukup berat dan akhirnya ambrol. “Saya yakin bila coran atau dam penopang jembatan tersebut dibuat tidak asal jadi, jembatan tersebut tidak akan roboh, karena banjir yang merendam jembatan tersebut hanya banjir biasa dan aliran anak sungai tersebut tidak deras,” ujarnya.
Dia menambahkan, sejak jembatan Kiminjan tersebut roboh, aktivitas warga di dua desa tersebut sempat tersendat, karena jembatan tidak bisa bisa dilewati dengan kendaraan roda dua dan empat. “Kalau warga mau pergi ke salah satu desa tersebut menggunakan kendaraan, harus memutar arah melalui desa lain. Namun bagi anak sekolah dan warga lainnya yang tidak menggunakan kendaraan, jembatan itu menjadi andalan mereka untuk beraktivitas,” tuturnya.
Anggota komisi I DPRD Lebak ini lebih lanjut mengemukakan, masyarakat Desa Malabar dan Margaluyu sudah sering mengadukan robohnya jembatan Kiminjan kepada DPRD. Bahkan pada reses belum lama ini pihaknya sudah melihat langsung ke lokasi dan sudah memasukannya pada laporan hasil reses agar secepatnya dibangun. “Kami akan mendorong Pemkab Lebak agar menganggarkan pembangunan jembatan tersebut, agar aktivitas dan perekonomian warga setempat berjalan dengan baik dan tidak tersendat. Terkait adanya dugaan pembangunan jembatan yang asal-asalan, harus dilakukan investigasi terlebih dahulu. Kita tidak bisa langsung menyimpulkan ada indidkasi itu,” pungkasnya.
Sumber: Humas PKS Banten

Post a Comment

 
Top