GuidePedia

0
MEDAN (10/1) - Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) jajaran pemerintah provinsi bersepeda bersama sejauh 15 km pada Jumat (9/1). Selain berolahraga, kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kebersamaan dan diskusi tugas pemerintahan secara tidak formal.

Dimulai dari Rumah Dinas Gubernur di Jalan Diponegoro Kota Medan, usai melakukan Sholat Ashar bersama bagi pejabat muslim, Gubernur bersama para SKPD bersepeda hingga finish di Dusun Kreatif Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang.

Hujan cukup lebat yang turun di tengah perjalanan, tidak membuat Gubernur dan semua pejabat berhenti bersepeda. Justru, semua peserta terlihat santai menikmati guyuran hujan hingga lokasi tujuan. Sesampainya di lokasi Kampung Kreatif Marendal Simpang Kongsi, Jalan Leman Harahap Gang Viola/Nabila Desa III B, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Gubernur dan para peserta disambut oleh suguhan minuman hangat serta makanan tradisional berbahan ubi, tempe, dan tahu.

Sambil menikmati suguhan, Gubernur dan para SKPD Sumut saling bercerita akrab dengan berbagai topik. Keakraban itu semakin terlihat saat melakukan "permainan" mengasah kreativitas dan kebersamaan dengan membuat wayang dari batang daun ubi. Acara santai berakhir setelah Gubernur dan jajarannya yang beragama Islam melakukan Shalat Magrib berjamaah.

Seusai acara Gubernur Gatot mengatakan acara bersepeda bersama jajaran SKPD Pemprov Sumut bertujuan untuk menyehatkan diri sekaligus ajang menambah keakraban. "Dengan cara seperti itu, semua bisa didapat. Selain sehat, keakraban bertambah erat sehingga semuanya bisa saling mendukung dalam menjalankan tugas untuk memajukan Sumut,” katanya.

Menurut Gatot, Pemprov Sumut harus menggalakkan olahraga, menjalin komunikasi dan kekompakan, menambah semangat untuk bisa lebih kreatif dan aktif melaksanakan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing masing SKPD. "Bersama kita bisa, bersama kita bersatu, bersama kita menciptakan karya dan prestasi yang  membanggakan,” ujar Gubernur.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pertanian Sumut yang ikut menjadi peserta, M. Roem mengaku sangat bersyukur ada kegiatan bersepeda bersama jajaran SKPD dan Gubernur. Menurutnya, aktivitas itu bukan hanya menjadikan para SKPD rutin berolahraga, tetapi juga ajang silaturahim dan diskusi bersama pejabat lainnya, terutama bersama Gubernur.

"Dengan aktivitas bersepeda bersama, maka pejabat SKPD bisa berkesempatan dengan mudah menyampaikan atau mendiskusikan hal-hal penting sesuai tupoksinya dengan Gubernur langsung atau dengan kepala dinas lainnya, dimana ada tugas-tugas yang saling terkait," ungkap M. Roem.

Post a Comment

 
Top