GuidePedia

0

SOLO (7/1) – Kondisi instalasi keamanan Pasar Singosaren Kota Solo tidak berfungsi dengan baik dan rawan jika terjadi kebakaran. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Komisi III DPRD Solo, Sugeng Riyanto saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Singosaren, Selasa (6/1).
“Ada temuan menarik di Pasar Singosaren. Ternyata, instalasi listriknya sangat semrawut terutama di kios-kios. Penyambungan kabel dan ukuran kabelnya tidak memenuhi standar keamanan. Sangat rentan terjadi konsleting. Selain itu, pipa hydrant juga tidak berada pada posisi yang seharusnya dan mampet karena lengket,” ujar Sugeng yang merupakan aleg dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
Paska kebakaran hebat yang melanda Pasar Klewer akhir tahun 2014, jajaran anggota Komisi III DPRD Solo melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional, salah satunya Pasar Singosaren. Sugeng mengatakan kegiatan sidak dilakukan sebagai langkah antisipasi standar pengamanan dan penanggulangan pada saat kondisi darurat.
“Sidak ini sebagai langkah antisipasi bagi pasar-pasar tradisional di Solo paska kebakaran Pasar Klewer lalu. Komisi III akan mengecek standar peralatan pemadam kebakaran, instalasi listrik, dan sarana penunjang lainnya yang digunakan pada kondisi darurat,” jelas Sugeng.
Melihat kondisi pengamanan pasar tradisional di Kota Solo yang kurang optimal, terutama Pasar Singosaren, dalam waktu dekat Komisi III DPRD Solo berencana segera memanggil Dinas Pengelola Pasar untuk melakukan koordinasi.
“Berdasarkan kondisi ini, Komisi III akan segera memanggil Dinas Pengelola Pasar untuk melakukan koordinasi dan mencari pemecahan masalah yang ada di pasar-pasar untuk mengantisipasi agar tidak terjadi bencana seperti kebakaran Klewer,” tutup Sugeng.
Sumber: http://pks-solo.or.id

Post a Comment

 
Top