GuidePedia

0


LEBAK (23/1) – Kecamatan Cipanas merupakan salah satu sentra penghasil manggu (manggis – sunda) di Lebak. Keunggulan Manggis Lebak rasanya manis sedikit asam, tanpa getah bening dengan warna kulit ungu, buah cukup besar, dan berat antara 120 hingga 150 gram per buah.
“Selama ini, Kabupaten Lebak merupakan penghasil manggis terbesar di Provinsi Banten,” demikian penjelasan Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Lebak, Dian Wahyudi saat melakukan kunjungan ke Desa Hegar Jaya, Kecamatan Cipanas, Lebak, Jumat (23/1).
Menurut Dian, Kabupaten Lebak telah mengembangkan manggis melalui Program Pertanian Rakyat Terpadu (P2RT) di Kecamatan Cipanas dan Lebak Gedong seluas 30 hektar. Saat ini luas lahan P2Rt mencapai ratusan hektar tanaman manggis karena meningkatnya permintaan pasar dunia.
“Para petani memasuki musim panen manggis pada Desember hingga Maret. Jika musim panen, manggis di sini mencapai ribuan ton membanjiri pasar lokal maupun mancanegara," ujar Dian.
Setiap hasil panen manggis di Kabupaten Lebak, lanjut Dian, dipasok ke berbagai negara, seperti Tiongkok, Taiwan, Belanda, Italia, Inggris, dan Jepang melalui perusahaan eksportir di Jakarta.
“Selama ini permintaan manggis di pasar luar negeri sangat tinggi untuk dikonsumsi sebagai buah segar,” kata Dian.
Namun, Dian menyayangkan Pemkab Lebak belum serius menangani potensi besar dari hasil buah manggis. Sehingga, buah manggis daerah tersebut sering mendapat label ‘ilegal’ oleh oknum nakal karena dimonopoli eksportir luar Lebak.
“Kadangkala diberi label ‘Bukan Manggis Lebak’,” tambahnya.
Oleh karena itu, Dian mendesak UPT (Unit Pelaksana Teknis) Pertanian Kabupaten Lebak segera membantu petani manggis untuk melakukan sertifikasi label penjualan bibit manggis unggul ke Balai Sertifikasi Benih.
“Mengapa potensi yang besar itu belum bisa dijadikan sebagai  sentra wisata “memetik buah manggis langsung dari tangkainya”? Karena selama ini masih terkendala belum adanya infrastruktur jalan yang memadai ke sentra pertanian Manggis Lebak,” pungkasnya.
Ilustrasi: Buah Manggis (sumber http://static.republika.co.id)
Sumber: Humas PKS Banten

Post a Comment

 
Top