GuidePedia

0




LEBAK (26/1) – Pada umumnya anggota legislatif turun langsung dan menampung aspirasi masyarakat dengan memanfaatkan masa reses. Berbeda halnya dengan Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Lebak-Banten, Dian Wahyudi. Dalam seminggu Dian selalu turun langsung ke warga, baik siang maupun malam hari, tergantung waktu senggang.

“Bahkan bisa sampai tiga kali dalam seminggu. Dan biasanya setelah acara selesai selalu ditutup dengan ngaliwet. Kebetulan warga yang saya kunjungi selalu saja ada yang mempunyai keahlian dalam memasak. Dan yang memasak bukan dari ibu-ibu loh, tapi dari bapak-bapak yang memang masakannya luar biasa maknyos,” kata Dian saat ditemui pewarta di Lebak, Senin (26/1).

Dian mengatakan bahwa acara ngaliwet telah lama ia terapkan sejak sebelum menjadi Anggota DPRD Lebak. Ngaliwet sudah biasa ia lakukan saat dahulu aktif sebagai pegiat LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) guna memperoleh masukan dari masyarakat untuk disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Lebak.

“Dan ketika saya terpilih menjadi anggota legislatif, acara ngaliwet tetap dilanjutkan untuk menyerap aspirasi dari masyarakat. Karena menurut saya cara ini sederhana tanpa ada sekat. Baik untuk kalangan masyarakat biasa, petani, pedagang, atau di perkampungan. Cara ini masih cukup efektif dalam menyerap aspirasi, informasi, ataupun mendapatkan masukan apapun dari masyarakat,” ujarnya.

Menurut Dian, dari hasil ngaliwet yang sering ia selenggarakan cukup banyak aspirasi, informasi, maupun masukan berharga dari warga yang diperoleh. Masyarakat, lanjut Dian, merasa bebas dan leluasa menyampaikan hal apapun karena acara dikemas dengan santai dan penuh kekeluargaan.

“Kadang muncul beberapa ide dan program dari hasil ngobrol saat ngaliwet. Saya kira selama ini cukup efektif menampung berbagai aspirasi,” ucapnya.

Ngaliwet merupakan istilah dan budaya masyarakat Sunda untuk kegiatan makan nasi liwet dengan sajian lauk pauk seperti ikan bakar, tempe goreng, dan sambal terasi khas Sunda. Pada umumnya masyarakat Sunda senang mengadakan ngaliwet bersama keluarga atau teman.

Sumber: Humas PKS Banten

Post a Comment

 
Top