GuidePedia

0
Slamat pagi menjelang siang, saya mau coba kultwit lagi setelah lama tidak. Kultwit ini sdh pernah terbit di media cetak/online. #Payakumbuh

1/ Di masjid Istiqlal #Payakumbuh, Sabtu (10/1) dini hari beberapa minggu lalu, kami gelar Shalat Tahajud berjamaah.

2/ Selain digelar u peringati kelahiran Nabi Muhammad, shalat malam bersama itu menjadi pertanda dimulainya gerakan #Payakumbuh Berdoa.

3/ Terserah, bila ada yg beranggapan ini sebatas pencitraan u rebut hati umat. Bagi saya, bermunajat pada Allah adalah pilihan paling tepat.

4/ Baik di kala suka atau pun dalam duka. Baik di kala bahagia apalagi sedang lelah. #Payakumbuh

5/ Saya yakin, angt.DPRD Sumbar @irsyad2005 ,pimpnn.DPRD #Payakumbuh Yendei Bodra Dt Parmato Alam & Suparman, punya pandangan serupa.

6/ Karena pandangan yg sama itu, mereka ikut menghadiri Shalat Tahajud di Masjid Istiqlal Labuahbasilang bersama ratusaan warga #Payakumbuh.

8/ “Sesungguhnya di malam hari, ada satu saat yg ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat,...

9/ ....pasti Allah memberinya, itu berlangsung setiap malam”. (HR.Muslim)

10/ Saya haqqul yakin dengan hadis nabi ini. Karenanya, saya terus berdoa untuk kemajuan #Payakumbuh.

11/ Saya juga mengajak semua komponen, untuk berdoa bagi kota ini. Kenapa, harus berdoa? #Payakumbuh

12/ Yang awam, sudah pasti menyebut, karena kita adalah Hamba Tuhan. #Payakumbuh

13/ Yang ahli tariqat akan menjawab, berdoa penting, karena tidak akan bergerak barang sesuatu, tanpa ada yang menggerakkan. #Payakumbuh

14/ Saya setuju dua-duanya. Tapi, saya juga ingin berbagi dua pengalaman, kenapa #Payakumbuh harus didoakan? :)

15/ Pengalaman pertama, ada kaitannya dengan salah seorang bupati di Sumbar. :) #Payakumbuh

16/ Ceritanya begini, awal dilantik menjadi walikota #Payakumbuh, saya menjalani hari-hari dengan penuh semangat.

17/ Dengan harapan, bisa berbuat terbaik untuk rakyat. Bisa berbakti bagi kampung halaman. #Payakumbuh

18/ Pembaca yang suka cemooh, saya harap tidak mencibir dulu ya. :) #Payakumbuh

19/ Mohon dimaklumi semangat ini sebagai sebuah kewajaran. Karena saya baru pertama kali menjabat sebagai kepala daerah. #Payakumbuh

20/ Wajar, saya punya begitu banyk obsesi. Hingga akhirnya, seorang senior yg sudah lama menjadi bupati, mengingatkan saya pd sebuah diskusi

21/ Katanya, apa yang saya impikan tidak semudah dibayangkan. Saya sempat kaget dan hendak memotong pembicaraan bupati ini. #Payakumbuh

22/ Saya tdk potong pembicaraan. Saya coba untuk terus mendengarkan nasihatnya. #Payakumbuh

23/ Menurut bupati itu, kalau saya mau bekerja sebagai bagian dari pemerintah, maka bekerjalah sesuai aturan. #Payakumbuh

24/ Sebab, jk bekerja sesuai dgn apa yg saya bayangkan & msyrkt bayangkan tanpa sesuai aturan, dijamin bakal berurusan dengan aparat hukum.

25/ Mendengar dia bilang dijamin, saya cukup lama merenung. #Payakumbuh

26/ Sampai saya menyadari, bisa jadi pandangn bupati ini merupakn salah satu jawabn atas perbedaan persepsi yg terjadi di tengah masyarakat.

27/ Ya, selama ini masyarakat sering berharap lebih kepada pemerintah. #Payakumbuh

28/ Akan tetapi daya dukung birokrasi & aturan yg memayunginya, ternyata tidak terlalu memberi ruang untuk memenuhi harapan2 tersebut.

29/ Belum lagi porsi anggaran yg terlalu kecil u pembangunan, dibandingkan u membayar kebutuhan rutin seperti gaji, listrik, ATK, dll.

30/ Hingga banyak tuntutan masyarakat belum terpenuhi. Meski hanya u urusan seperti memberi honor guru mengaji beberapa ratus ribu per bulan

31/ Inilah yang kemudian memunculkan persepsi beragam di tengah masyarakat. #Payakumbuh

32/ Sejujurnya, apa yang dirasakan oleh masyarakat tersebut, sama dengan apa saya rasakan pada awal menjadi wali kota. #Payakumbuh

33/ Begitu banyak harapan saya. Namun, saat berada ’di dalam’ pemerintahan, barulah saya sadari, segalanya tdk sesederhana yang dibayangkan.

34/ Benar, pendapat bupati tadi, bahwa kita adalah pemerintah yang bekerja sesuai aturan. Setiap kegiatan, harus ada landasan hukumnya.

35/ Kenyataanny dunia demokrasi tetap tuntut lebih terhadap pemimpin hasil pilihan langsung. Inilah sisi buruk sekaligus sisi baik demokrasi

36/ Sisi buruk yg saya maksud adalah sepanjang bisa mengelola isu & citra, maka orang yang biasa-biasa pun akan tetap dianggap berprestasi.

37/ Ini juga diakibatkan tuntutan sebagian besar masyarakat yang terlalu mudah untuk dikalahkan oleh citra dan pencitraan yang ada.

38/ Lebih sedih lagi, masyarakat banyak tidak tahu tentang parameter kinerja objektif seorang kepala daerah.

39/ Bahkan sebagian mereka merasa cukup, apabila kepala daerah sudah menyapa, sudah memberinya sesuatu, bahkan terpengaruh oleh pengkultusan

40/ Akal sehat kadang tdk dipakai. Namun demokrasi juga ada keuntungan bagi kita. Setidaknya rakyatlah yg memilih pemimpin di era demokrasi.

41/ Itulah, pengalaman pertama yg ingin diceritakan. Barangkali, belum terlihat korelasiny dgn pertanyaan, kenapa Payakumbuh harus didoakan?

42/ Sekarang saya lanjutkan dengan pengalaman kedua. #Payakumbuh

43/ Selama 2 thn didahulukan selangkah & ditinggikan seranting sebagai kepala daerah, saya sering mendapat pertanyaan dari banyak pihak.

44/ Pertanyaan paling sering, diajukan oleh teman2 yang melek politik. Mereka bilang, apa yang bisa kita perbuat untuk #Payakumbuh ?

45/ Saya jawab, pada dasarnya kita akan bekerja sesuai visi-misi yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

46/ Namun, bila kita memandang jabatan merupakan amanah, tentu RPJMD tersebut hanyalah target kerja ’minimal’. #payakumbuh

47/ Target maksimal adalah memberikan semua yg kita mampu bagi masyarakat. Tentu kitalah yg tahu posisi & seperti apa Payakumbuh hari ini.

48\ Sederhananya, kalau diikuti semua prosedur pembangunan yg berlangsung saat ini dgn usaha maksimal, tetap perubahan itu lambat terjadi.

49\ karena memang APBD & APBN kita tdk cukup. Sementara secara kasat mata terlihat, daerah yg menggeliat pembangunannya banyak di Pulau Jawa

50\ Sebab itu, kita butuh inovasi u menghasilkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) agar mampu menciptakan pertumbuhan tinggi dan berkelanjutan.

51\ Dengan kata lain, kita perlu bermimpi dan kreatif, menciptakan peluang baru yang memungkinkan #Payakumbuh berlari kencang.

52\ Berlari seperti daerah di Pulau Jawa atau bahkan di luar negeri. Baik Malaysia, Turki dan Eropa yang lebih maju.

53\ Hanya saja, bisa jadi keinginan ini tidak dipahami dan bukan menjadi tuntutan rakyat.

54\ Karnanya, kpd mereka yg melek politik tadi, saya berharap, agar mereka ikut meyakinkan rakyat bersama2 membangun impian #Payakumbuh

55\ Impian ini tidaklh mudah. Apalagi, jika #Payakumbuh dibandingkn dgn kota lain di Pulau Jawa seperti Bandung & Surabaya yg PAD-nya tinggi

56\ Meski kepala daerahnya tetap memikirkan peningkatan PAD dari tahun ke tahun, tapi untuk APBD, mereka tinggal menghabiskan saja.

57\ Sementara, kita di #Payakumbuh berpikir menaikkan PAD setinggi-tingginya sambil membelanjakan APBD dengan optimal.

58/ Untuk menaikkan PAD ini bukanlah pekerjaan satu malam. Karena kita dengan ketersediaan payung hukum yg ada harus bisa membuat terobosan.

59/ Kemudian, terobosan itu perlu diyakinkan kepada birokrat yang akan mengeksekusinya, tapi kerap kadang ragu apa bisa dilaksanakan.

60/ Selanjutnya, kita perlu mengemas menjadi rencana-rencana yang matang dan terukur.

61/ Meminjam istilah Porter, ekonom. Kita harus menciptakan sesuatu dgn cara kita sendiri, sehingga kita unggul dalam pencapaian kemakmuran.

62/ Misalnya, jika Kota Bukittinggi sudah begitu menggeliat dengan pariwisatanya. Maka, kita #Payakumbuh dengan apanya?

63/ menentukan "city branding" kalo kata pak walikota Padang @MahyeldiPadang

64/ Sehingga, itulah yang menjadi ikon pembeda sekaligus "pengungkit" kemakmuran kota.

65/ Kita harus temukan itu. Ibarat permata di dalam lumpur, perlu terus digali & diasah, agar kilaunya menyinari semua harapan & mimpi kita.

66/ Kerja yg demikian ini, tentu sangat berat. Bisa jadi melelahkan. Kita tidak tahu apakah bisa untuk itu atau hanya sekedar wacana belaka.

67/ Makanya, tidak salah, dari Masjid Istiqlal #Payakumbuh, saya mengajak rakyat untuk bermunajat dan berdoa kepada Allah.

68/ Agar menunjukkan jalan bagi kerja-kerja yang barangkali hampir mustahil ini.

69/ Mudah-mudahan dengan jalan yang diberikan-Nya nanti, bisa memberi inspirasi bagi semua orang yang mau merubah nasib.

70/ Untuk itu, sekali lagi mari berdoa. Di samping, tetap kerja, kerja, kerja..! *RF* cc @jokowi_do2 @ridwankamil @HennyFalepi @Pak_JK

Tweet @Riza_Falepi 


Kamis (29/1/2015)


Post a Comment

 
Top