GuidePedia

0


MEDAN (9/1) – Kehadiran Gedung Pendidikan Kader Ulama di Provinsi Sumatera Utara merupakan hal yang sangat penting dan monumental. Pembangunan gedung tersebut merupakan impian masyarakat untuk memiliki sebuah pusat pendidikan khusus bagi para ulama yang cukup representatif. Demikian pesan Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho pada peresmian Gedung Pendidikan Kader Ulama di Kota Medan, Jumat (9/1).
“Dengan diresmikannya Gedung Pendidikan Kader Ulama dapat menjadi inspirasi dan daya dorong kepada semua pihak untuk tetap memelihara komitmen semangat keberagaman. Selain itu, juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya pembangunan karakter dan jati diri bangsa,” harap Gubernur Gatot.
Gubernur meyakini kehadiran pendidikan kader ulama merupakan salah satu upaya membangun pencerahan kualitas masyarakat di Sumatera Utara. Gubernur juga yakin kehadiran pendidikan kader akan membawa peningkatan kualitas SDM yang cerdas, berilmu pengetahuan, juga beramal soleh.
"Untuk itu hendaknya pekerjaan yang mulia ini didukung dengan segala potensi yang kita miliki, sehingga gedung pendidikan kader ulama ini segera dimanfaatkan sesuai dengan harapan kita semua," katanya.
Dalam kesempatan itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengatakan penguasaan semua ilmu yang terkait aspek keislaman merupakan suatu keharusan bagi seorang ulama. Namun, ulama juga perlu menguasai ilmu-ilmu lain seperti Sosiologi maupun Antropologi.
“Karena dengan menguasai Sosiologi maupun Antropologi, seorang ulama mampu membaca permasalahan yang terjadi di tengah-tengah umat, baik permasalahan yang berkaitan dengan ekonomi, politik, maupun budaya,” ujar Din.
Masyarakat harus menyadari, lanjut Din, bahwa di era globalisasi berbagai kemajuan serta tantangan terus dihadapi umat, terutama masuknya budaya-budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai keislaman. Oleh karena itu, kehadiran ulama di tengah-tengah umat sangat dibutuhkan. Terlebih, ulama yang tidak sekedar mampu membaca dinamika realitas kehidupan, tetapi juga mampu mencermati dan meresponnya.
"Terkait hal tersebut, tentunya kehadiran Pendidikan Tinggi Kader Ulama MUI Sumut ini adalah salah satu jawabannya. Karena tentunya dari sini akan lahir ulama yang tidak sekedar menguasai ilmu keislaman, namun juga ilmu-ilmu lainnya," jelas Din.
Peresmian Gedung Pendidikan Tinggi Kader Ulama Sumatera Utara dilakukan langsung oleh Gubernur Gatot bersama Ketua Umum MUI Din Syamsuddin. Gedung tersebut terletak di samping Kantor MUI Sumut, Kota Medan. Kehadiran pusat pendidikan tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi masyarakat Sumut untuk lebih banyak melahirkan ulama-ulama muda dari provinsi itu.
Sumber: Humas Kantor Gubernur Sumatera Utara

Post a Comment

 
Top