GuidePedia

0


BANDA ACEH (23/1) - Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh meminta Pemerintah Kota (Pemko) setempat memperluas jalan menuju lima puskesmas di Banda Aceh. Dewan menilai saat ini akses menuju lima puskesmas tersebut masih sempit dan sering membuat masyarakat kesulitan saat melintasinya.
Permintaan itu disampaikan Ketua Komisi D DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar kepada Serambi, Kamis (22/1). Farid menyebutkan, Pemko Banda Aceh perlu memperluas jalan atau akses menuju ke Puskesmas Jaya Baru, Puskesmas Ulee Kareng (puskesmas baru), Puskesmas Jeulingke, Puskesmas Baiturrahman, dan Puskesmas Lampaseh Kota.
Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, jalan menuju lima puskesmas tersebut terbilang sulit. Kondisi ini diketahui setelah ia bersama anggota Komisi D meninjau langsung ke lima Puskesmas dimaksud. Peninjauan itu juga diikuti Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banda Aceh, dr Media Yulizar dan stafnya.
“Hasil tinjauan kami tadi, rata-rata Puskesmasnya sudah bagus, pelayanannya juga sudah baik, tapi yang kita sayangkan akses atau jalannya sangat susah. Jika dalam waktu bersamaan ada dua mobil yang masuk, yang satu harus mundur lagi. Ditambah lagi ada puskesmas dengan akses jalan yang rusak,” kata Farid.
Selain akses jalan sempit, tambah Farid, kelima Puskesmas itu lokasinya juga dinilai tidak strategis untuk beberapa desa di kecamatan itu. Farid mencontohkan puskesmas baru yang sedang dibangun di Pango, Ulee Kareng. Puskesmas itu nantinya akan melayani sembilan gampong.
Untuk kawasan Pango, Pango Deyah, Pango Raya, Lamteh dan Ilie, jaraknya terbilang sangat dekat. Sementara warga di gampong seperti Ie Masen, Ie Masen Kaye Adang dan lainnya, harus menempuh jarak yang lumayan jauh.
Foto: Farid Nyak Umar (sumber: http://www.habadaily.com)
Sumber: http://aceh.tribunnews.com

Post a Comment

 
Top