GuidePedia

0

 
Sukabumi (20/1) - Kitab Suci Alquran yang menjadi pegangan hidup seluruh umat Islam, diturunkan kepada Nabi Muhammad, untuk mengangkat umat manusia dari lembah kegelapan ke alam yang terang benderang. Untuk itu, pemahaman, penghayatan dan pengamalan Alquran, harus senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan, guna meningkatkan kualitas kehidupan seluruh umat Islam, baik lahir maupun batin. Hal ini disampaikan oleh Wakil Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, di Sukabumi, Selasa (20/1).

Achmad Fahmi mengatakan, semua pihak khususnya umat Islam tentu mengetahui, bahwa ayat pertama yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad, adalah ayat perintah untuk membaca. Karena dengan membaca, lanjut Fahmi, semua pihak dapat menambah khasanah pengetahuan dan memperluas cakrawala wawasan dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang keagamaan.

Selain itu, sambung Fahmi, semua pihak juga tentu mengetahui, bahwa Nabi Muhammad secara tegas mewajibkan kepada seluruh umatnya untuk senantiasa belajar sepanjang hidup. "Maksud dan tujuannya, agar seluruh umat Islam menyadari, bahwa berbagai kemajuan umat Islam, sangat bergantung pada kualitas pengetahuan, serta wawasan dan pengembangan pemikiran umat Islam sendiri, melalui peningkatan kualitas pendidikan," tutur Wakil Walikota yang juga kader PKS ini.

Oleh karenanya, masih kata Fahmi, bagi Kota Sukabumi tidaklah berlebihan, apabila sektor pendidikan menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan. "Hal ini tercermin dalam Visi Pembangunan Kota Sukabumi, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi, Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa," ungkap mantan Bendahara Umum DPD PKS Sukabumi ini.

Berkaitan dengan hal tersebut, Fahmi mengemukakan, semua pihak khususnya masyarakat Kota Sukabumi harus patut bersyukur, karena pembangunan pendidikan di Kota Sukabumi, telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. "Buktinya, berbagai penghargaan dalam bidang pendidikan, dari mulai tingkat wilayah hingga tingkat provinsi dan tingkat nasional, senantiasa diraih oleh Kota Sukabumi. Disamping itu, IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kota Sukabumi, saat ini telah mencapai 75,77 point, lebih tinggi dari rata-rata IPM Provinsi Jawa Barat," paparnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, selaras dengan Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2013-2018, yakni Dengan Iman dan Taqwa, Mewujudkan Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin, bahwa pendidikan yang diselenggarakan di Kota Sukabumi, tidak hanya ditujukan terhadap peningkatan kecerdasan dan keterampilan semata, akan tetapi juga ditujukan pada pembinaan karakter dan kesalehan umat.

"Karena kecerdasan dan keterampilan yang tidak diimbangi dengan karakter dan ruh kesalehan, hanya akan melahirkan tirani dan keserakahan. Oleh karenanya, output atau keluaran pendidikan yang diharapkan di Kota Sukabumi, bukan hanya terletak pada aspek intelegensia saja, akan tetapi juga pembinaan aspek kepribadian dan spiritual. Dengan demikian, generasi yang diharapkan terlahir, yakni generasi yang cerdas, terampil dan berakhlak mulia," pungkasnya.
 

Sumber: sukabumikota.go.id

Post a Comment

 
Top