GuidePedia

0
YOGYAKARTA (9/2) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi satu-satunya partai politik Islam yang hadir dalam acara Diskusi Penguatan Peran Politik Umat Islam Indonesia pada Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VI. Hal ini disebabkan perwakilan parpol Islam yang lain berhalangan hadir.

Diskusi diselenggarakan pada Senin (9/2) di Hotel Inna Garuda Yogyakarta. Dalam acara yang dihadiri kurang lebih 700 peserta tersebut, Presiden PKS Anis Matta mengungkapkan keberhasilan yang diraih parpol Islam dalam jihad politiknya.

“Jihad politik harus dilakukan dalam tiga level. Identitas, kepentingan, dan kepemimpinan,” ujar mantan Wakil Ketua DPR RI itu.

Pada level identitas, kata Anis, parpol Islam mampu memperjuangkan identitas umat Islam di parlemen yang juga merupakan hak umat Islam, seperti persoalan jilbab. Sedangkan di level kepentingan, Anis menyebut perjuangan di level ini cukup berat karena banyak kepentingan dalam politik.

“Sedangkan di level kepemimpinan, sampai hari ini telah banyak bermunculan para tokoh parpol Islam yang berhasil menjadi pemimpin daerah,” katanya.

Terakhir, Anis Matta juga menyampaikan ide tentang sebuah pendekatan umat yang konsolidatif. Anis menyampaikan penting dan perlunya membuat sebuah majelis yang dapat mempertemukan parpol Islam dan umat Islam. Dengan adanya majelis tersebut, Anis berharap permasalahan umat Islam bisa diselesaikan bersama.

“Apa yang menjadi permasalahan umat Islam juga menjadi permasalahan partai politik Islam,” tutupnya.


Sumber: Humas PKS DIY
Foto: Yudha Yuliardi

Post a Comment

 
Top