GuidePedia

0
Bekasi (25/2) - Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Saduddin, mengapresiasi adanya usulan menjadikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai distributor beras, dalam upaya mencari terobosan baru untuk pembenahan dan konsolidasi manajemen pangan. Menurutnya, terobosan ini agar tidak menimbulkan kesan dikendalikan oleh mafia beras dalam hal ketersediaan dan pendistribusiannya.


Saduddin menambahkan, perlunya terobosan ini, disebabkan karena terjadinya kelangkaan dan harga yang melambung tinggi akibat manajamen tata niaga pangan yang tidak berjalan dengan baik, khususnya beras. Kondisi ini, ujar Saduddin, menimbulkan keresahan di masyarakat dan memunculkan persepsi negatif terhadap peran pemerintah untuk menjaga stabilitas harga dan persediaan.

“Dengan pemberian peran BUMDes sebagai distributor tingkat pertama karena membeli langsung dari petani diharapkan dapat mengamankan jalur distribusi beras, yang selama ini dinilai terlalu panjang dan sangat rentan terjadinya praktek mafia beras,” ujar Saduddin, di Bekasi, Rabu (25/2).

Saduddin menginginkan, peran BUMDes diperluas lagi dalam hal membantu tata niaga pangan. Menurutnya, tidak hanya sebatas pada komoditas beras saja, tetapi juga terhadap komoditas pertanian lainnya, yang rawan praktek mafia, seperti gula.

Lebih lanjut Saduddin menambahkan, tidak tertutup kemungkinan BUMDes diberikan peran sebagai distributor pupuk. Hal ini karena sering terjadinya kelangkaan pupuk di pasaran, padahal pemerintah dan DPR setiap tahunnya memberikan subsidi pupuk.

“Tidak tertutup kemungkinan BUMDes diberikan peran yang lebih besar lagi sebagai distributor komoditas pertanian yang lainnya, bahkan bisa juga diberikan peran sebagai distributor pupuk. Intinya adalah BUMDes bisa menjadi solusi atas kelangkaan komoditas pertanian di desa,” papar mantan Bupati Bekasi ini.

Untuk mewujudkan itu semua, kata Saduddin, dibutuhkan koordinasi dengan berbagai instansi terkait. Dengan peranan BUMDes diharapkan tidak hanya membantu pemerintah, tetapi juga mewujudkan penguatan ekonomi desa. "Karena BUMDes adalah lembaga usaha desa yang dikelola bersama oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa," pungkasnya.

Sumber : Pks.or.id

Post a Comment

 
Top