GuidePedia

0


JAKARTA (2/2) - Kerjasama pemerintah dan kalangan swasta merupakan hal yang penting dalam usaha memajukan pendidikan di tanah air. Dengan adanya kerjasama, diharapkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia semakin meningkat, sehingga mampu memiliki daya saing yang tinggi.
Hal ini disampaikan Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, Surahman Hidayat saat ditemui di Gedung DPR RI, Senin (2/2). Surahman menjelaskan bahwa kemajuan sebuah peradaban bangsa, sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya.
“Ada beberapa negara, seperti Jepang, tidak memiliki potensi sumber daya alam yang besar seperti Indonesia, tetapi dengan kualitas sumber daya (SDM) yang berkualitas, mampu meningkatkan semua sektor pembangunannya dengan maju,” kata Anggota Komisi X DPR RI ini.
Menurut Surahman, dengan potensi industri yang tersebar di seluruh Indonesia berdasarkan data sementara BPS tahun 2013, tercatat ada 23.491 perusahaan industri. Oleh karena itu, kerjasama antara pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud, dengan sektor industri menjadi sangat strategis untuk ditingkatkan.
"Sinergitas pemerintah dengan swasta dalam memajukan pendidikan, menjadi positif dalam mewujudkan link and matchuntuk mendayagunakan output pendidikan," ujarnya.
Adapun bentuk kerjasama dengan pihak industri, lanjut Surahman, dapat bersifat ekstrakurikuler. "Harapannya para pelajar lebih memahami korelasi antara teori dan aplikasi, sehingga mereka akan menjadi manusia yang lebih siap untuk masuk kedalam lingkungan yang sangat kompetitif di masa mendatang,” tutupnya.

Post a Comment

 
Top