GuidePedia

0

KabarPKS.com - Jakarta (16/2) – Senin (16/2), Di Kompleks Parlemen Senayan, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI menyelenggarakan Diskusi Publik dengan tema "Desain Pemerintahan dan Demokrasi yang Efektif-Efisien" dengan menghadirkan Pakar Pemerintahan Prof. Dr. Ryaas Rasyid. Menurut Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini, diskusi publik ini digelar rutin oleh PKS untuk memperkuat gagasan kebangsaan dan ketatanegaraan Indonesia. Seri sebelumnya Fraksi PKS telah menghadirkan Profesor Politik dari Harvard University.
"Lebih khusus, diskusi ini penting untuk memperkaya pemikiran dalam rangka mengelola pemerintahan dan bangsa kedepan lebih baik, efektif, dan efesien," kata Jazuli.
Ryaas Rasyid dalam paparannya mengatakan bahwa pemerintahan kita hari ini tidak jelas konsep dan arah. Menurut Mantan Menteri Otda masa Presiden Abdurrahman Wahid ini, desain pemerintahan kita saat ini sangat tidak efisien, demokrasi kita liberal berbiaya mahal, korupsi menggurita bahkan dalam modus paling tradisional seperti manipulasi perjalanan dinas.
Maka ke depan, Anggota Watimpres era Presiden SBY ini merekomendasikan kepada Fraksi PKS untuk melakukan kajian konseptual sebagai berikut:
Pertama, konsep demokrasi dan birokasi pemerintahan yang efisien dengan penyederhanaan sistem politik, birokrasi yang ramping, dan penyederhanaan proses pelayanan publik.
Kedua, menghentikan korupsi dengan memperkuat sistem pencegahan korupsi. Hari ini pemberantasan korupsi dominan pada aspek penindakan yang sayangnya akibat ego sektoral eksesnya cenderung kontraproduktif sehingga menimbulkan gejolak seperti saat ini.
Ketiga, memperkuat DPR. Penguatan DPR penting dalam kerangka sistem checks and balances. DPR yang kuat menyehatkan sistem presidensial.
Keempat, mengefektifkan MPR dengan jalan menghidupkan kembali GBHN sebagai arah pembangunan nasional.
Menanggapi gagasan dan usul Ryaas Rasyid tersebut, Jazuli mengapresiasi dan mengungkapkan bahwa hal tersebut sejalan dengan konsepsi yang saat ini sedang didiskusikan di internal PKS.

"Kita di PKS sedang merancang-bangun sejumlah konsepsi, antara lain, demokrasi berkarakter dan murah, pemerintahan yang efektif dan efisien, pemberantasan korupsi yang efektif, serta terakhir reformasi parlemen. Jadi, apa yang disampaikan Prof Ryaas klop dengan PKS," ungkap Jazuli sambil berkelakar.
Sumber : pks.or.id

Post a Comment

 
Top