GuidePedia

0
Anggota DPRD DIY dari Fraksi PKS, Nur Sasmito yang menemui rombongan tersebut kemudian menceritakan mengenai tugas yang dikerjakan oleh anggota DPRD DIY. Salah satu tugasnya adalah menjadi lembaga pengawas pemerintahan di Provinsi DIT termasuk menyusun, mengawasi penggunaan anggaran seperti anggaran pendidikan/sekolah, membuat peraturan daerah dan lain-lain.

"Kita yang menjadi anggota DPRD ini hasil pemilu 2014, ada sebanyak 55 wakil/orang terdiri dari beberapa fraksi dari partai-partai politik. Kalau adik-adik ada ketua kelas, di sini juga ketua atau kepala DPRD DIY yang dijabat oleh Pak Yoeke," papar Nur Sasmito 

Saat tanya jawab, salah satu siswa yakni Rani menanyakan berapa jam anggota DPRD berkantor setiap harinya. Nur Sasmito kemudian menjawab kalau anggota dewan berada di gedung dewan tidak terikat oleh jam kantor seperti siswa SD setiap hari yang harus masuk sekolah mulai pukul 07.00 - 12.00. Anggota dewan biasanya bekerja mulai hari Senin-Jumat mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WIB.

"Setiap hari kita ada yang rapat, ada juga yang sedang kunjungan. Saat ini beberapa anggota komisi juga sedang melakukan kunjungi di kawasan Selokan Mataram untuk melihat pelaksanaan pembuatan jalan dan saluran air. Kalau rapat juga ada yang sampai malam hari," katanya.

Usai tanya jawab, siswa-siswa kemudian diajak berkeliling untuk melihat ruang kerja fraksi-fraksi dan sejumlah ruang rapat yang digunakan oleh anggota dewan. Mereka pun tampak senang dan mencatat semua yang di lihat dan didengar dari penjelasan pegawai sekretariat dewan yang turut mendampingi.
Sumber: http://news.detik.com

Post a Comment

 
Top