GuidePedia

0


MEDAN (13/2) - Pembayaran rekening tagihan air PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara telah diberlakukan secara online. Namun, PDAM Tirtanadi dan bank pengelola sistem online-nya dinilai kurang mensosialisasikan sistem pembayaran tersebut kepada masyarakat. Selain itu,masyarakat juga banyak mengeluhkan biaya administrasi yang dikenakan pihak perbankan.
Maka dari itu, Komisi C menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan bank pengelola sistem online PDAM Tirtanadi, yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, dan Bank Tabungan Negara (BTN) guna mengklarifikasi keluhan masyarakat pada Kamis (12/2) di Gedung DPRD Sumut.
Anggota Komisi C DPRD Sumut, Satrya Yudha Wibowo mengatakan rapat itu digagas karena sebelumnya muncul gonjang-ganjing pembayaran sistem online PDAM Tirtanadi. “Dengan diberlakukan sistem online ini, maka secara otomatis pembayaran dengan sistem manual dihapuskan,” ujarnya.
Menurut Satrya, sistem pembayaran online PDAM Tirtanadi hanya untuk pembayaran air yang sedang berjalan. Untuk pembayaran yang sudah lewat atau menunggak, masyarakat langsung membayar ke PDAM Tirtanadi. Regulasi ini dinilai menyulitkan masyarakat, karena keterlambatan membayar bisa jadi karena terlupa, bukan unsur kesengajaan dari warga.
Satrya mengusulkan kepada ketiga bank untuk mengadakan sistem auto debet agar masyarakat lebih mudah melakukan pembayaran, apalagi bagi pelanggan yang cukup besar. Selain itu, Satrya juga berharap dengan adanya sistem pembayaraninternet banking atau mobile banking, dapat pula memudahkan masyarakat dalam membayar tagihan air.
“Jika sistem online ini PDAM Tirtanadi berhasil dengan baik, maka Komisi C bisa mendorong pemerintah agar mengutip Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) secara online,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.
Merespon usulan Anggota Komisi C DPRD Sumut, seluruh bank yang melayani pembayaran tagihan PDAM Tirtanadi menyetujuinya. Perwakilan dari bank terkait akan menindaklanjuti usulan-usalan tersebut.
Sumber: Humas Fraksi PKS DPRD Sumatera Utara

Post a Comment

 
Top