GuidePedia

0


Surabaya (5/2) - DPW PKS Jatim berjanji akan lebih memprioritaskan calon kepala daerah dari partai politik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) di 19 pilkada serentak pada Februari 2016 di Jatim.
Ketua DPW PKS Jatim Hamy Wahjunianto, Kamis (5/2/2015) mengatakan, sebagai bukti keseriusan partainya, PKS Jatim akan membawa nama-nama kandidat dari hasil penjaringan internal ke Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KMP di Jakarta pada 18 Februari mendatang.
"Itu sesuai arahan dari DPP PKS, bahwa koalisi antarpartai politik di pusat juga di bawah. Ini bukti PKS konsisten di KMP," tegasnya.
Pihaknya mengaku sudah memulai menjaring nama-nama calon kepala daerah yang melibatkan ketua-ketua PKS di daerah hingga ke ranting untuk menggelar penjaringan dari tokoh eksternal maupun internal partai.
"Sejak Senin (2/2) lalu, tim sudah bekerja dan diberi batas waktu hingga 17 Februari untuk menentukan nama-nama kandidat. Keesokan harinya pada 18 Februari, hasil akan dipaparkan di Rakernas," kata politisi yang juga anggota DPRD Jatim ini.
Dia mencontohkan, salah seorang kandidat yang hampir pasti diusung KMP adalah calon Bupati Situbondo, yakni Ketua DPD II Partai Golkar daerah setempat.
KMP, lanjut dia, dalam pilkada di Jatim tahun ini menargetkan kemenangan sebanyak-banyaknya di 19 daerah, khususnya kawasan berbasis partai politik asal koalisi.
Sementara itu, mekanisme penjaringan kandidat di PKS dimulai dari beberapa tahapan, pertama penjaringan survei internal, baik kandidat dari dalam dan di luar partai. Setelah terjaring, tim diberi tugas melaporkannya kemudian digelar tes uji kelayakan untuk mengukur kualitas calon kepala daerah yang diusungnya.
"Setelah ada hasilnya, nama kandidat kami laporkan ke DPP untuk selanjutnya diberi rekomendasi. Tapi dalam hal ini DPW yang memutuskan, pusat sifatnya mengetahui saja," tukasnya. [tok/kun]
Sumber: beritajatim.com

Post a Comment

 
Top