GuidePedia

0
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) mengajak warga Jawa Barat untuk menjadi penggerak dalam melestarikan budaya sebagai upaya menjaga identitas sebuah bangsa agar tidak mudah terkikis. Demikian disampaikan Aher saat mengukuhkan kepengurusan Dewan Kebudayaan Jawa Barat (DKJB) periode 2014-2019 di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Kamis (12/3).

“Harus kita sepakati bahwa aktor dari kebudayaan itu adalah manusia. Seharusnya manusialah yang menentukan kebudayaan yang ada di dalam berbagai kehidupannya. Bukan jenis budaya yang menentukan jenis manusia, karena boleh jadi ada budaya yang tidak tepat”, ujar Aher.

Pengurus yang dilantik dalam DKJB berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi. Menurut Aher, melalui DKJB ini, harapannya dapat menjadi wadah pemersatu bagi pecinta seni yang berasal dari berbagai kalangan. Hal ini, tambah Aher, sebagai upaya mengembangkan serta melestarikan seluruh jenis budaya yang melingkupi berbagai bidng pendidikan.

“Para budayawan yang ada di Dewan Kebudayaan ini, walaupun dari berbagai kalangan, harapan saya, bisa sama-sama bersinergi untuk melestarikan seluruh jenis budaya yang melingkupi di kehidupan kita”, tambah Aher.  

Sementara itu, Ketua Dewan Kebudayaan Jawa Barat, Ganjar Kurnia mengatakan kedepannya DKJB dalam kegiataannya akan lebih diarahkan sesuai dengan fungsinya, sehingga diharapkan segala saran dan masukan untuk pelestarian dan pengembangan budaya di Jawa Barat.

“Kegiatan-kegiatan yang kami arahkan kedepan tentu sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab, yaitu memberikan pikiran dalam bentuk dialog. Karena pada dasarnya kebudayaan itu lingkupnya sangat luas, sehingga bisa saja nanti berbagai pandangan banyak yang berbeda. Oleh karena itu, paling tidak kami bisa memberikan berbagai saran, diskusi, dialog, untuk kegiatan pembangunan di Jawa Barat ini”, ujar Ganjar.

Acara pengukuhan ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar, Ketua DPRD Jawa Barat, serta para staf dan tokoh masyarakat dibidang kebudayaan yang ada di Jawa Barat.


Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat 

Post a Comment

 
Top