GuidePedia

0


AMBON (28/2) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengajak seluruh perantau asal Tatar Sunda (Jabar-Banten) turut aktif menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat. Menurut rencana, PON digelar pada September 2016.
"Saya mengajak saudara-saudara warga Tatar Sunda yang ada di seluruh Tanah Air, bahkan di luar negeri, ikut menyukseskan PON XIX. Ini bentuk sumbangsih kita kepada kampung halaman," papar Aher di Acara Deklarasi dan Pengukuhan Pengurus Forum Komunikasi Masyarakat Tatar Sunda Pangumbaraan (Forum Sunda Ngumbara) Provinsi Maluku. Acara diselenggarakan di Gedung Dharma Wanita Provinsi Maluku, Kota Ambon, pada Jumat (27/2) malam.
Aher mengatakan partisipasi aktif perantau Tatar Sunda minimal berupa sosialisasi kepada warga sekitarnya atas perhelatan olahraga empat tahunan yang bakal digelar di Jabar. Aher yang juga Ketua Pengurus Besar (PB) PON XIX/2016 Jabar tersebut berharap para perantau dapat menyaksikan langsung berbagai pertandingan saat penyelenggaraan PON.
"Tidak salah tentu bila para perantau mudik ke kampung halaman saat PON nanti. Ya, tidak apa-apa mudik lebarannya digeser. Mari kita gebyarkan pelaksanaan PON XIX," kata Aher yang disampaikannya dalam Bahasa Sunda.
Dukungan langsung para perantau kepada atlet, lanjut Aher, dapat meningkatkan semangat mereka untuk membawa Jabar tampil sebagai juara PON XIX. "Mari dukung atlet kita. Semoga Jabar menjadi juara umum nantinya," tukas Aher lagi.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PB Forum Komunikasi Masyarakat Tatar Sunda Pangumbaraan, Jaka Bandung, menyampaikan bahwa para perantau sudah mulai mempersiapkan diri untuk mudik saat PON XIX. Untuk memudahkan persiapan, warga berkoordinasi dengan Pengurus Forum Sunda Ngumbara.
"Kita bisa menabung mulai sekarang. Jangan mau kalah dengan saudara di Jabar maupun Banten, kita juga harus berpartisipasi menyukseskan PON XIX. Hal ini wujud kepedulian kita kepada kampung halaman," ujar Jaka dalam bahasa Sunda.
Tokoh asal Tatar Sunda di Bali tersebut juga mengutarakan bahwa Forum Sunda Ngumbara di masing-masing provinsi akan mengupayakan langkah untuk memudahkan para perantau mudik saat PON. Di Bali misalnya, Forum Sunda Ngumbara setempat mengupayakan kerja sama dengan maskapai penerbangan Garuda melalui diskon harga tiket.
“Perantau asal Tatar Sunda kini memang belum terinventarisir secara baik. Namun, jumlahnya diperkirakan puluhan ribu orang, misalnya di Bali. Sementara di Lampung diperkirakan mencapai jutaan orang,” ungkap Jaka.
Keterangan Foto:
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, yang juga Ketua Umum PB PON XIX/2016 Jabar, menyerahkan Maskot PON Surili kepada Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Tatar Sunda Pangumbaraan (Forum Sunda Ngumbara) Provinsi Maluku, Ajat Sudrajat.
Sumber: Humas Pemprov Jawa Barat

Post a Comment

 
Top