GuidePedia

0
LEUWILIANG (6/3) –Tim Kang Sunman, yang menjadi tim pendukung Dapil dari Anggota Komisi III DPR RI, TB Soenmandjaja, membantu Kelompok Tani Mekarjaya, Desa Kiara Mekar, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor pada Sabtu (28/2).
Tim Kang Sunman mendapat laporan masyarakat bila tanaman Acacia Mangium milik para petani terserang hama, banyak yang layu, dan mati. Alumni IPB tersebut segera melakukan kunjungan lapangan untuk mengecek kondisi tanaman yang ada di kawasan hutan rakyat.
“Saya bersama bendahara kelompok, Syafii, mengecek langsung kondisi tanaman masyarakat, khususnya Anggota Kelompok Tani Mekarjaya. Faktanya, memang serangan hama telah terjadi di kawasan tersebut, bahkan banyak yang sudah layu dan mati. Hama ini memang cepat menular karena menyerang akar dari pohon yang memang jaraknya tak berjauhan,” papar Ketua Tim Kang Sunman, Aji Asyhari.
Menurut Aji, serangan hama yang disebabkan jamur Ganoderma philippii itu ditandai dengan akar yang berubah warna kuning suram, pucat, dan membusuk. Pada tingkat penyakit yang lanjut, jamur membentuk tubuh buah pada pangkal batang. Gejala pada bagian tanaman di atas tanah sama dengan gejala yang disebabkan oleh penyakit akar lain, yakni daun menguning, layu, dan gugur.
“Umumnya, secara kasat mata akar yang terserang tertutup semacam lapisan berwarna merah. Warna merah akan kelihatan jelas bila akar dicuci. Kalau tidak ditangani secara tepat, tumbuhan akan mati dalam hitungan minggu,” ujar Aji. 
Menyikapi hal tersebut, Aji dan Tim berkonsultasi dengan TB Soenmandjaja. Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu meminta agar tim melakukan langkah cepat guna membantu penghentian hama, sehingga tidak semakin besar merugikan petani dan masyarakat.  
Aji dan tim segera bergerak cepat guna mencari solusi tepat. Beruntung, rekan-rekan Aji di IPB memberi bantuan dalam penanganan hama tersebut. Studi maupun praktik lapangan menyebutkan bila hama dapat dikendalikan dengan kultur teknis yaitu membersihkan sisa tanaman serta menghindari pelukaan pada akar.
“Untuk mencegah penularan dan membunuh hama tersebut, kami bersama para petani telah melakukan penanganan berupa perawatan tanaman dan pemberian pestisida di seputar tanaman yang sakit. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini hasilnya sudah terlihat,” papar Aji.
Terpisah, Soemandjaja berharap Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor juga tanggap dengan adanya kasus-kasus serangan hama terhadap tumbuhan petani dan masyarakat.
Keterangan Foto:
Serangan penyakit jamur akar merah (Ganoderma sp) pada tanaman Acacia mangium di Wonogiri (sumber:https://forestryinformation.wordpress.com)

Post a Comment

 
Top