GuidePedia

0
ACEH (31/3) - Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh mendukung upaya pemerintah kota Banda Aceh melakukan penertiban terhadap gelandangan dan pengemis (Gepeng) yang beroperasi di seputaran Banda Aceh.

Pasalnya gepeng tersebut diduga kuat telah dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk merauk keuntungan dengan cara meminta-minta.

Hal demikian diungkapkan ketua komisi D DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar menyikapi aksi penertiban gepeng yang saat ini gencar dilakukan pemerintah kota Banda Aceh melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja kota Banda Aceh.
Petugas gabungan dari Dinas sosial dan tenaga kerja kota Banda Aceh bersama satpol PP melakukan razia terahdap gepeng yang berkeliaran di kota Banda Aceh. Farid menuturkan bahwa hasilnya cukup mengejutkan, para gepeng yang ditangkap mengantongi passport, emas perhiasan dan uang yang cukup banyak.

Farid mensinyalir para gepeng di kota Banda Aceh dikoordinir oleh pihak tertentu. Oleh karena itu pemerintah harus segera melacak siapa yang bermain dan bisa memutus mata rantai jaringan tersebut.”Bahkan yang lebih mengkhawatirkan kita, mereka ini melibatkan anak-anak balita untuk mencari iba dari masyarakat, dan beredar kabar anak-anak ini mereka rental, dan yang jadi pertanyaan masyarakat kenapa bayi-bayi itu tidur terus meski dibawa ditempat-tempat panas, tentu ada sesuatu yang diberikan yang kita sangat khawatir ini berbahaya bagi mereka,” ujar Farid.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kota Banda Aceh itu berharap penertiban terhadap gepeng ini dilakukan secara berkelanjutan, tidak hanya insidental semata, selain itu ia berharap agar ada partisipasi masyarakat untuk tidak lagi memberikan uang kepada peminta-minta dipersimpangan jalan, cara-cara tersebut justru membuat mereka semakin malas untuk bekerja.

Farid juga menyarankan kepada masyarakat yang ingin menyumbang, agar menyalurkannya kepada lembaga-lembaga resmi seperti  Baitul Mal, sehingga dana tersebut  dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan fakir dan miskin.

Sumber : Humas PKS Aceh

Post a Comment

 
Top