GuidePedia

0


MEDAN (28/2) - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho mengatakan dalam Nawacita, yang merupakan bagian dari program gagasan Presiden RI Joko Widodo, infrastruktur menjadi salah satu bagian yang sangat penting. Oleh karena itu, atas nama pemerintah dan masyarakat Sumut, Gatot menyambut gembira seminar yang digelar Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI).
Demikian disampaikan Gatot saat membuka resmi seminar HPJI Provinsi Sumut bertema “Mewujudkan Percepatan Konektivitas dan Peningkatan Kapasitas Jaringan Jalan Trans Sumatera”. Gatot meresmikan seminar bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPERA) RI, Basoeki Hadimoeljono di Santika Dyandra Hotel and Convention Medan, Sabtu (28/2).
"Kami mengharapkan Bapak Menteri PUPERA dan Dirjen Bina Marga sekaligus DPP HPJI agar seminar ini nantinya bisa menjadi breakdown atau memecahkan tiap proses pekerjaan menjadi lebih detail dari musrenbang nasional khusus di bidang ke-PU-an, lebih spesifik lagi tentang infrastruktur jalan," harap Gatot.
Dengan demikian, lanjut Gatot, di dalam seminar dipastikan muncul banyak wacana, masukan, dan gagasan-gagasan membangun konektivitas serta peningkatan infrastruktur jalan. Akan tetapi, Gatot berharap ide dan wacana yang muncul dalam proses seminar bersifat realistis untuk diwujudkan dalam sebuah program pemerintah, baik tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota.
"Dalam rapat konsolidasi para Gubernur yang diprakarsai Bapak Mendagri, pada waktu itu juga salah satu persoalan-persoalan yang disampaikan diantaranya adalah di-listing permasalahan-permasalahan, salah satunya infrastruktur kabupaten/kota yang memang kondisinya sangat parah," ujar Gatot.
Untuk itu, Gatot berharap ada peningkatan DAK dari Kementerian PUPERA untuk pembangunan jalan yang lebih baik, terutama di kabupaten/kota. Usulan tersebut paralel dengan salah satu dari Nawacita Presiden Jokowi tentang daya saing, yang salah satunya menurunkan cost produksi dan logistik.
"Hari ini cost logistik kita sangat mahal, sangat besar, begitu pula cost produksi. Karena satu diantaranya karena kondisi infrastruktur kita yang belum pada kondisi yang diinginkan," ujar Gatot.
Di dalam kesempatan itu, Gatot berpesan kepada para peserta seminar agar forum yang diselenggarakan tidak hanya menjadi kertas kerja dan wacana belaka. Namun, gagasan-gagasan yang lahir dalam seminar dapat secara riil membangun konektivitas jalan di Pulau Sumatera.
“Sehingga Nawacita Pak Presiden dengan menghadirkan daya saing, yakni dalam bidang infrastruktur, bisa kita laksanakan,” tutup Gatot.
Sumber: Humas Kantor Gubernur Sumatera Utara

Post a Comment

 
Top