GuidePedia

0


SIBIRU-BIRU (1/3) - Ketua Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Sumatera Utara (Sumut), Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho mengajak seluruh masyarakat untuk memelihara aliran sungai dan alam sekitar dari limbah. Hal ini sangat penting demi menjaga warisan generasi mendatang.
“Apa yang akan kita berikan pada anak cucu nantinya, bila kita tidak bisa menjaga dan melestarikan lingkungan, khususnya aliran sungai," papar Sutias saat mengujungi objek wisata sekaligus ikut mengarungi Sungai Sibiru-Biru di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (28/2).
Sebelum mengarungi sungai, Sutias melepas peserta lomba arung jeram yang didominasi mahasiswa pencinta alam. Tokoh perempuan Sumut tersebut kemudian tidak merasa canggung untuk ikut mencoba mengarungi sungai dengan jarak tempuh sekitar 5 kilometer. Dimulai dari start Lau Seruwai hingga Pantai Biru-Biru.
Menggunakan sampan karet dan rompi pelampung, lengkap dengan helm kuning, Istri orang nomor satu Sumut ini dengan terus semangat menelurusi arus sungai yang deras. Meski sesekali sampan menghantam batu.

Pada kesempatan itu Sutias juga menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan kegiatan yang melibatkan mahasiswa serta pemerintah setempat. Menurutnya, kegiatan seperti itu dapat memotivasi stakeholders untuk memajukan objek wisata dan sarana edukasi lingkungan.
"Bila objek wisata sudah baik, tentunya harus didukung dengan jalan menuju lokasi, hingga bisa meningkatnya jumlah wisata ke lokasi tersebut," kata Sutias di depan sejumlah kepala SKPD yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan arung jeram.
Pada kesempatan yang sama, Camat Sibiru-Biru Khairul Azzam mengaku tak menyangka atas kehadiran Istri Gubernur Sumut ke wilayahnya. Terlebih, Sutias turut ikut arung jeram.
“Ini membuktikan beliau (Sutias) memiliki kepedulian masalah sosial mulai dari pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan bidang lainnya. Di Sibiru-biru wisatawan tidak hanya disajikan keindahan alam, tetapi juga hasil perkebunan yang berlimbah dan berkualitas," papar Khairul.
Kawasan Sibiru-biru terletak di Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang. Kawasan itu tidak hanya dikenal sebagai objek wisata Sumatera Utara, tetapi juga lokasi uji nyali arung jeram tingkat nasional. Setiap tahun di Bulan Oktober kawasan Sibiru-biru menjadi lokasi perlombaan dan menghadirkan peserta dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Bandung, dan daerah lainnya.
Keterangan Foto:
Istri Gubernur Sumatera Utara, Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho (berhelm kuning, duduk di belakang, paling kiri) ikut arung jeram menjajal Sungai Sibiru-Biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (28/2). 
Sumber: Humas Kantor Gubernur Sumatera Utara

Post a Comment

 
Top