GuidePedia

0
BEKASI (9/2) - Pemerintah Kota Bekasi berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori penyajian makanan khas daerah dengan peserta terbanyak.

"Pembagian Sayur Gabus Pucung kali ini memenuhi persyaratan pemecahan rekor. Sebab rekor yang dicatatkan sebelumnya hanya sebanyak 2.500 porsi," kata perwakilan MURI, Awan Rahargo saat menyerahkan penghargaan kepada Pemkot Bekasi, di Hari Tanpa Kendaraan, Ahad (8/3).

Pada kesempatan itu, sebanyak 3.000 porsi Sayur Gabus Pucung serta Nasi Uduk dibagikan kepada warga yang hadir di area Hari Tanpa Kendaraan. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Bekasi ke-18 yang jatuh pada 10 Maret 2015.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan alasan pemilihan Sayur Gabus Pucung sebagai makanan yang dibagikan kepada warga ialah harapan untuk membangkitkan kembali kuliner khas Bekasi.

"Gabus Pucung ini makanan khas Bekasi. Warga harus mengenalinya. Setelah Gabus Pucung, mungkin nanti giliran kuliner khas lain, seperti dodol, akar kelapa, dan lainnya," kata Rahmat usai menerima penghargaan MURI.

Sementara itu, Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu menambahkan pembagian Sayur Gabus Pucung dan Nasi Uduk yang dilanjutkan dengan makan bersama warga, diharapkan memunculkan rasa kebersamaan.
"Tentunya bukan kebersamaan basa-basi yang sebatas formalitas. Melainkan kebersamaan yang menjadi pemicu terjalinnya keakraban dan kerukunan warga," katanya.

Di sisi lain, salah satu warga yang menerima Sayur Gabus Pucung, tampak antusias saat menyantapnya. "Sudah bertahun-tahun tinggal di Bekasi tapi belum pernah mencicipi. Baru sekarang kesampaian," kata Tini yang tinggal di Perumnas 3 Bekasi Timur.

Warga Bekasi asal Jawa Tengah itu mengaku cukup tertarik dengan rasa Sayur Gabus Pucung. Menurutnya, aroma rempah-rempah yang kuat menghasilkan rasa hidangan yang unik.

"Setelah mencicipi, boleh kapan-kapan coba masak sendiri," katanya.


Keterangan Foto:
Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu (tengah, tiga dari kiri) bersama jajaran Pemkot Bekasi saat penyerahan penghargaan MURI untuk kategori Rekor Penyajian Makanan Khas Daerah Terbanyak, Ahad (8/3).
Sumber: Humas Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu

Post a Comment

 
Top