GuidePedia

0
MEDAN (20/3) - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho mengatakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas menjadi salah satu kunci menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Oleh karenanya, Perguruan Tinggi (PT) merupakan penghasil SDM berkualitas yang jika digerakkan dapat menjadi kekuatan dahsyat. 
"Tentu kalau kemudian Presiden Jokowi bicara tentang revolusi mental, menurut saya ini yang harus ditiru oleh Perguruan Tinggi. Dimana para alumninya harus mencerahkan, karena mengingat kapasitasnya sebagai kaum intelektual," demikian kata Gatot dalam sambutannya di Acara Coffe Morning Sumut Post bersama 100 Rektor dan Staf Perguruan Tinggi se-Sumatera Utara di Hermes Place Polonia Medan, Kamis (19/3).
Menurut Gatot, peningkatan kualitas SDM sejalan dengan visi misi menuju Sumatera Utara yang berdaya saing dan sejahtera. PT diharapkan dapat menjadi wadah pencetak generasi penerus bangsa di segala sektor.
"Dengan demikian, jika posisi ini dapat kita pertahankan, maka bukan tidak mungkin Indonesia akan mampu bersaing dalam era MEA yang akan dimulai tahun ini (akhir 2015). Hal inilah yang menjadi sebuah perjuangan kita, dimana kita terus mengingatkan para pengelola perguruan tinggi demi suksesnya MEA," ujar Gatot.
Pada posisi hari ini, lanjut Gatot, mahasiswa masih tergolong dalam kelompok strata sedang. Namun kedepan, jika PT mampu menggerakkan dinamika mahasiswa dengan progresif, kelak mereka dapat menjadi tokoh yang mempunyai pengaruh penting di Indonesia dan dunia.
"Ini jelas sesuatu yang amat berarti. Kami berharap perguruan tinggi memberikan sebuah bekal identitas, bekal misi masa depan bagi mahasiswa," tambah Gatot
Dalam kesempatan itu, Gatot mengapresiasi kegiatan forum rektor. Menurutnya, forum tersebut mampu mengumpulkan para rektor di Sumut dalam sebuah tema yang sangat strategis yaitu menyongsong MEA. Gatot berharap hasil diskusi para rektor dapat melahirkan ide dan gagasan dari PT terhadap pembangunan daerah Provinsi Sumut.
"Tentunya hal ini sangat baik dan strategis. Apalagi sejalan dengan wacana Pemkot Medan yang ingin mewujudkan Medan sebagai Kota Pendidikan. Harapan saya, forum ini bisa menghasilkan ide dan gagasan brilian guna pembangunan Kota Medan dan Sumut yang lebih baik kedepannya," kata Gatot.
Selain itu, Gatot pun mengingatkan posisi strategis Sumut. Pemprov berencana membangun Pelabuhan Internasional Kualatanjung yang berpotensi membuka kesempatan para pedagang dari berbagai negara di ASEAN untuk berkunjung ke Kota Medan.
"Dalam artian meningkatkan pelayanan, sehingga mampu mengakomodasi kepentingan Sumut karena Kota Medan termasuk percontohan. Sebab, hilir mudik perdagangan akan dimulai dari pelabuhan tersebut," pungkasnya.
Sumber: Humas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara

Post a Comment

 
Top