GuidePedia

0
JAKARTA (13/3) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyusun draft 10 Peraturan KPU (PKPU) yang akan dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2015. Salah satu poin penting PKPU ialah rencana perhelatan Pilkada secara serentak pada tanggal 9 Desember 2015.
KPU berencana segera berkonsultasi dengan DPR RI dan pemerintah terkait Draft PKPU. Diharapkan awal April 2015 sudah dapat ditetapkan menjadi PKPU.
Merespon hal tersebut, Anggota Komisi II DPR RI Saduddin mengingatkan KPU akan pentingnya mengutamakan asas efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2015. Hal ini disampaikannya kepada pewarta melalui pesan singkat, pada Jumat (13/3).
“Secara pribadi, saya mengapresiasi kerja KPU yang cepat dan tanggap dalam menyiapkan instrumen bagi pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2015. Dan saya ingatkan KPU pentingnya mengutamakan asas efisiensi dan efektivitas,” ujar Saduddin yang juga Anggota Panja Revisi UU Pilkada.
Menurut Saduddin, perhatian atas efisiensi dan efektivitas penting dilakukan supaya PKPU sejalan dengan semangat yang diinginkan Panja DPR RI saat melakukan revisi UU Nomor 1 tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.
Saduddin mengungkapkan ada beberapa catatan revisi yang dilakukan Panja saat itu, sehingga tahapan pelaksanaan Pilkada menjadi lebih singkat, yaitu dari tujuh belas bulan menjadi tujuh bulan.
“Penghapusan uji publik, rekapitulasi suara yang dipersingkat, pelaksanaan Pilkada satu putaran, dan sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK). Itu semua catatan hasil revisi dalam rangka efisiensi dan efektivitas,” paparnya.
Seperti diberitakan, KPU memaparkan rencana tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015. Berikut tahapan pilkada serentak:
1. Februari-Maret 2015: Penyusunan PKPU
2. April 2015: Sosialisasi bimbingan teknis
3. April - Mei 2015: Pembentukan PPS dan PPK
4. Juni 2015: Penyerahan dukungan calon pasangan perseorangan
5. 22-24 Juli 2015: Pendaftaran pasangan calon
6. 24 Agustus 2015: Penetapan pasangan calon
7. Masa kampanye dimulai setelah penetapan calon selesai atau sampai Desember 2015 (jelang Pilkada)
8. Oktober 2015 penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT)
9. 9 Desember 2015: Pilkada serentak

Post a Comment

 
Top