GuidePedia

0
MEDAN (5/3) – Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Sumatera Utara, Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho, berpesan agar para pelajar dapat meningkatkan semangat belajarnya demi meraih cita-cita yang diharapkan. Demikian disampaikan Sutias ketika menerima puluhan siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Al Hijrah dalam rangka kegiatan luar sekolah pada bidang studi Bahasa Indonesia di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Medan, Rabu (4/3).
Pada kesempatan itu, para pengajar SMP IT Al Hijrah menyampaikan dua hal kepada siswa-siswinya. Pertama, memberikan tugas dengan menuliskan biografi tokoh yang ada di Sumatera Utara, dan Sutias Handayani menjadi objek tokoh penulisan biografi para siswa. Sedangkan yang kedua, untuk siswa-siswi kelas IX (sembilan) ditugaskan membuat karya tulis tentang kinerja pemimpin Sumatera Utara.
"Sebagai istri Gubernur Sumatera Utara, sudah tentu kita harus mendukung, sejak menjadi Ibu rumah tangga hingga Ibu kepala daerah. Sudah tentu banyak tantangan yang harus dilalui. Tapi berkat kesabaran dan lindungan dari Allah, Ibu bisa menjalaninya," ujar Sutias saat memulai bercerita pengalaman hidupnya di depan para siswa.
Sebelum menjadi istri orang nomor satu di Sumut, Sutias pernah terpilih menjadi Anggota DPRD Deli Serdang yang ditugaskan di Komisi C, A, dan D sejak tahun 2004.
"Dengan berbagai kegiatan ini saya bisa memberi sumbangsih untuk daerah ini, dan tentunya tidak meninggalkan kewajiban sebagai istri dan ibu untuk kelima putri saya," jelas Sutias.
Saat ini Sutias tercatat sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Ketua Tim Penggerak Program Kesejahteraan Keluarga (PKK), Ketua Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S), Bunda PAUD, Ketua Gerakan Permasyarakatan Minat Baca (GPMB), serta Ketua Forikan untuk Provinsi Sumatera Utara periode 2014-2018.
Sementara Guru bidang studi Bahasa Indonesia SMP IT Al Hijrah, Siti Aisyah, menjelaskan kegiatan kunjungan siswa-siswi ini merupakan program sekolah, yakni belajar di luar kelas.
"Sebelumnya kita juga membawa siswa ke pabrik tahu karena itu terkait dengan pelajaran Biologi dan ke Balai POM terkait dengan pelajaran Fisika. Dan untuk pelajaran Bahasa Indonesia, yang juga ada keterkaitannya dengan pemerintahan, maka kita memilih mengunjungi Gubernur serta Ibu Sutias sebagai tokoh perempuan Sumut," jelas Siti.
Siti juga mengatakan bahwa saat ini Sekolah Al Hijrah, yang beralamat di Jalan Lau Dendang Kabupaten Deli Serdang, terus mengalami peningkatan jumlah siswa. SMP IT dibuka tahun 2009 dengan hanya 10 orang siswa. Di tahun 2015 tercatat jumlah siswa SMP IT telah mencapai 160 orang.
Sumber: Humas Kantor Gubernur Sumatera Utara

Post a Comment

 
Top