GuidePedia

0


Tangerang (23/3) - Anggota DPRD Kota Tangerang Tengku Iwan menuturkan tak beralasan jika seorang warga berkonflik dengan tetangganya. Pesan tersebut disampaikan Tengku Irwan saat penyerahan dana stimulan kepada Ketua RT dan RW se-Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci di Saung Haji Nurdin, Kota Tangerang, Jumat (20/3).

“Manusia adalah mahluk sosial. Tidak mungkin bahkan mustahil hidup tanpa orang lain. Siapapun kita adalah manusia dan pasti butuh orang lain, dan orang yang terdekat dengan kita adalah tetangga. Jadi tak beralasan jika kita bertengkar dengan tetangga,” pesan Tengku Iwan.

Untuk mengatur urusan bertetangga, kata Tengku Irwan, hadir lembaga kemasyarakatan yang disebut RT (Rukun Tetangga) dan RW ( Rukun Warga). Keduanya masing-masing dipimpin oleh seorang ketua, yaitu Ketua RT dan Ketua RW.

“RT dan RW merupakan lembaga kemasyarakatan terkecil dalam negara,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Tengku Irwan menambahkan menyangkut masalah Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi), seorang Ketua RT dan RW bertugas melayani masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab kepada pemerintah. Selain itu, Ketua RT dan RW harus bisa memelihara kerukunan antarwarga, serta melaksanakan pembangunan dengan cara mengembangkan aspirasi dan swadaya masyarakat.

“Maka dari itu, Ketua RT dan RW punya peran penting dalam membentuk lingkungan yang penuh kerukunan dan kenyamanan,” pungkas Tengku Irwan.


Sumber :  PKS Tangerang

Post a Comment

 
Top