GuidePedia

0
SERANG (24/4) – Warga Desa Sumber Bares Kecamatan Waringin Kurung Kabupaten Pandeglang mengeluhkan kondisi infrastruktur jalan Kramat Watu-Wringin Kurung Hilir yang rusak dan berbahaya. Keluhan terhadap jalan sepanjang kurang lebih 5 kilometer tersebut disampaikan oleh Mahmuri, salah satu warga yang tinggal di Jalan Kubang Putih desa Sukabares, Kecamatan Waringin Kurung Kabupaten Serang. Aspirasi tersebut pun diterima langsung oleh Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Serang Mansyur Barnawi, Jumat (24/4/2015).
Mahmuri mengaku kesal dengan kondisi jalan saat ini. Pasalnya, jika turun hujan sangat berbahaya bagi para pengendara motor. Banyak kubangan air yang disertai tanah sehingga kerap menimbulkan kecelakaan.
”Kalau hujan kadang-kadang kewalahan, harus benar-benar hati-hati. Soalnya di kubangan airnya kan kalau motor tidak tahu, kadang-kadang ada batu besar, jadi bahaya. Mayoritas warga di Sukabares ini sebagai petani, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan hidup kami bergantung pada hasil perkebunan. Jadi, kami minta infrastruktur jalan diperbaiki,” ujar Mahmuri.

Sementara menanggapi kekesalan warga tersebut, Mansyur Barnawi berjanji akan mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk segera memperbaiki ruas jalan Kramatwatu-Waringinkurung.

Menurut Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut, anggaran sudah diusulkan sejak 2014 lalu. Dan rencananya jalan tersebut akan segera dilakukan pengecoran. Dimana perbaikannya dimulai dari alun-alun Kramatwatu dengan panjang dua kilometer dengan betonisasi. Namun ia heran, kenapa hingga saat ini jalan tersebut belum dilakukan perbaikan padahal anggaran sudah ada.

Mansyur juga menambahkan bahwa kerusakan jalan tersebut disebabkan oleh kendaraan besar yang melintas. Selain itu, di areal tersebut banyak pengrajin batu bata, sehingga yang melintas sehari-harinya adalah truk. Namun demikian, beberapa waktu lalu sempat ada yang memprotes dengan melakukan aksi unjuk rasa di jalan tersebut.

”Banyak truk pengangkut bata, mungkin jalannya tidak kuat, jadi cepet rusak,” tambah Mansyur.

Mansyur menyayangkan, di akhir masa jabatan Bupati Serang, Ahmad Taufik Nuriman dan Tatu Chasanah, kondisi pembangunan khususnya infrastruktur jalan di Kabupaten Serang masih memprihatinkan. Salah satunya jalan Kramatwatu - Waringkinkurung, yang kondisinya rusak parah.

Dari pantauan, jalan yang merupakan kewenangan Kabupaten Serang tersebut nampak terlihat hamparan batu krikil. Aspal yang melapisi jalan yang memiliki panjang sekitar 5 kilometer tersebut sudah hilang. 

Fotografer: Asep Mulyana

Sumber: Humas PKS Banten

Post a Comment

 
Top