GuidePedia

0
KARANGANYAR (26/4) - Kesan positif terhadap Film Guru Bangsa Tjokroaminoto diungkapkan Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo. Menurutnya, film yang diangkat dari perjalanan hidup pahlawan nasional HOS Cokroaminoto itu memiliki nilai-nilai perjuangan dan keteladanan bagi masyarakat, khususnya para guru Indonesia.

"Guru adalah pendidik yang bisa mengenalkan tokoh bangsa kepada para pemuda, anak didiknya. Film Tjokroaminoto ini mempunyai nilai lebih dalam memberikan keteladanan sehingga bisa ditanamkan bagi generasi muda agar mempunyai semangat nasionalisme," ujar Rohadi usai nonton bareng Film Guru Bangsa Tjokroaminoto bersama para guru dan jajaran pengurus DPD PKS Kabupaten Karanganyar di Kota Surakarta, Kamis (25/4).

Pada kesempatan yang sama, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Hadi Santoso, juga menyampaikan kesan-kesannya setelah tiga jam ikut nonton bareng Film Tjokroaminoto. Menurutnya, film tersebut menggambarkan hakikat perjuangan, pengorbanan, serta perjalanan mencapai cita-cita. Gambaran ini sangat sesuai untuk diteladani masyarakat, terutama para guru dalam mendidik siswanya.

“Film tersebut adalah bagian dari upaya kita untuk memberikan pemahaman yang integral tentang hakikat perjuangan, mudah-mudahan bisa ditransformasi oleh para pendidik kepada seluruh peserta didiknya di sekolah masing-masing,” harapnya.

Hadi menekankan makna hijrah menjadi pelajaran penting dari film yang dibintangi Reza Rahadian dan Christine Hakim itu. “Pelajaran yang dapat diambil dari seorang Tjokroaminoto adalah seluruh perjalanan hidup kita ini merupakan transformasi atau hijrah, sehingga harus mencapai batas setiap cita-cita yang lebih baik,” katanya.

Acara nonton bareng Film Guru Bangsa Tjokroaminoto merupakan salah satu agenda memeriahkan Milad ke-17 PKS, sekaligus menyambut Hari Pendidikan tanggal 2 Mei mendatang. Dengan mengangkat tema "Bakti PKS Untukmu Guru", PKS Karanganyar menggelar nonton bareng yang diikuti sekitar 100 guru pendidikan dasar dan menengah dari wilayah Karanganyar. 


Sumber: PKS Karanganyar

Post a Comment

 
Top