GuidePedia

0
Jakarta (22/4) – Sejak tahun 1970, setiap tanggal 22 April seluruh negara di dunia memperingati Hari Bumi. Momen ini penting sebagai pengingat bangsa Indonesia untuk menanggulangi lahan kritis di negerinya. Demikian disampaikan Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin.
Andi Akmal menjelaskan berdasarkan data Direktorat Jenderal Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial luas lahan kritis di tahun 2011 sebesar 104.202.026,20 Ha, tersebar dari Aceh hingga Papua Barat. Menurut Andi Akmal, upaya pencegahan dan pemulihan dari kerusakan hutan serta mengembalikan fungsi lahan yang kritis menjadi lahan produktif memerlukan kesungguhan dan totalitas dari negara.
“Di momen hari Bumi (Rabu, 22/4) ini, kami berharap kepada pemerintah untuk dijadikan titik awal kesungguhan untuk menghidupkan lagi produktivitas lahan kritis yang seluas lebih dari 104 juta Ha,” kata politisi Fraksi PKS DPR RI tersebut.
Lebih lanjut Andi Akmal menegaskan pengerjaan penanggulangan lahan kritis tidak boleh sekedar berbasis proyek. Penegasan itu didasarkan pada rehabilitasi lahan kritis sejak tahun 1976 tidak memberikan hasil yang memuaskan.
“Penanggulangan lahan kritis selain dikerjakan langsung oleh pemerintah, pemerintah bisa sekaligus membebankan kepada perusahaan-perusahaan besar yang operasinya secara langsung bersinggungan dengan pengelolaan lahan dan hutan, untuk menggunakan sebagian besar dana CSR-nya sebagai kegiatan utama mengubah lahan kritis menjadi lahan produktif,” tegasnya.
Andi Akmal meyakini apabila lahan kritis dikembalikan pada fungsi hutan, dapat pula diaktifkan menjadi lahan pertanian untuk mendukung swasembada pangan. Bahkan, tambahnya, jaminan keseimbangan lingkungan dan teraturnya tata air daerah aliran sungai bisa langsung dirasakan masyarakat.
“Hari Bumi ini, mari jadikan wahana sebagai titik awal untuk menghentikan kegiatan menebang pohon hutan untuk alih fungsi apapun, yang kemudian mari hidupkan kembali lahan kritis menjadi lahan produktif untuk mencapai target swasembada pangan,” pungkas Andi Akmal. 

Foto: Cinta, Kerja, Harmoni oleh Imam Saefudin (http://relawanpksfoto.net)

Post a Comment

 
Top