GuidePedia

0
Jakarta (23/4) - Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hermanto mendesak peserta Konferensi Parlemen Asia Afrika agar dalam pertemuan tersebut membahas dan menyepakati rumusan kebijakan ketahanan pangan bersama kawasan Asia Afrika.   

“Kebijakan bersama tersebut penting karena tantangan kawasan Asia Afrika ke depan adalah ketersediaan pangan dan peningkatan jumlah penduduk, bukan lagi perang dingin antara blok barat dan blok timur," kata Hermanto, usai menghadiri Pembukaan Konferensi Parlemen Asia Afrika, Kamis (23/4).

Kebijakan bersama tersebut, lanjutnya, cocok dengan Konferensi yang mengusung tema perdamaian dan kesejahteraan. 

“Kebijakan bersama untuk menjamin ketersediaan pangan ini penting untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penduduk yang tidak seimbang dengan ketersediaan pangan, karena semakin terbatasnya lahan pertanian yang ada," tuturnya. Menurutnya, kebijakan bersama ini juga dibutuhkan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan mengatasi kemiskinan kawasan.

Ia berharap, Konferensi Parlemen Asia Afrika yang baru pertama kali diadakan ini dapat menjadi momentum bersejarah untuk menciptakan perdamaian yang berbasis pada ketersediaan pangan kawasan. Harapannya, lanjut Hermanto, di masa datang tidak lagi ada yang terlihat dan terdengar penduduk kelaparan atau kurang gizi di kawasan Asia Afrika.

"Konferensi ini harus ditindaklanjuti dengan kerjasama antar negara untuk mewujudkan ketersediaan pangan kawasan dengan tetap memperhatikan kedaulatan pangan  masing-masing negara," pungkasnya.


Sumber: Humas Fraksi PKS DPR-RI

Post a Comment

 
Top