GuidePedia

0
BANDUNG (23/4) – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat (Jabar) Netty Heryawan mencanangkan perpustakaan sebagai destinasi yang wajib dikunjungi. Hal ini dilatarbelakangi hakikat membaca sebagai jendela pengetahuan, membangun diri dan cita-cita, serta pembentukan karakter. Sayangnya, kata Netty, minat membaca di masyarakat berkurang semenjak teknologi semakin maju (masyarakat digital).

“Buku bukan menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat, karena itulah perlu strategi bagaimana caranya perpustakaan ini mampu menjadi tempat untuk membaca dan mencari referensi sehingga nantinya menjadi sebuah kebutuhan. Maka dari itu saya ingin canangkan perpustakaan menjadi destinasi  wajib dikunjungi,” kata Netty saat membuka Festival Literasi Jabar di Kantor Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapusipda) Provinsi Jawa Barat, Bandung, Kamis (23/4).

Istri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) itu berharap perpustakaan dapat menganti kesan negatif di masyarakat, seperti suasana kurang nyaman, koleksi buku terbatas, berdebu, dan pustakawan kurang ramah.

"Dengan adanya perubahan di setiap perpustakaan yang kita miliki tentu akan menjadi motivasi untuk penasaran datang ke perpustakaan, seperti halnya ada story telling dan ada jaringan internet," pesannya. 

Di kesempatan yang sama, Plh Sekda Jabar Iwa Karniwa membacakan sambutan Gubernur Aher. Iwa mengatakan Gubernur Aher mengapresiasi penyelenggaraan Festival Literasi Jabar. Menurut Aher, sebagaimana disampaikan Iwa, Festival Literasi bertepatan dengan Hari Buku Internastional dan Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika.

“Jika diperhatikan, yang menjadi negara maju di kawasan Asia Afrika adalah negara-negara yang masyarakatnya memiliki budaya baca. Negara-negara tersebut bisa maju karena mereka membangun budaya baca di negara masing-masing di negara Asia seperti Singapura, Jepang, dan Korea,” tambahnya.

Gubernur Aher berharap, lanjut Iwa, kegiatan Festival Literasi Jabar mampu membangun budaya baca masyarakat. Sehingga mampu merubah paradigma masyarakat ke arah cerdas informasi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia Jawa Barat.


Sumber: Humas Pemprov Jawa Barat

Post a Comment

 
Top