GuidePedia

0
MEDAN (8/5) – Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho menyatakan siap menjadi Duta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nasional. Operasional KEK Sei Mangkei, di Sumatera Utara menjadi dasar pengusulan tersebut. Tujuannya, agar daerah yang telah memiliki KEK dan akan mengusulkan daerahnya memiliki KEK, dapat belajar dari success story atau kisah sukses pembangunan KEK Sei Mangkei.

“Kami siap menjadi Duta KEK Nasional, dengan bekal pengalaman membangun dan mengelola KEK Sei Mangkei,” ujar Gatot Pujo Nugroho usai menerima Tim Sekretariat Dewan Nasional KEK yang dipimpin oleh Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto, di Medan, Jumat (8/5/2015).

Gatot menjelaskan, kesiapan menjadi Duta KEK Nasional didasarkan pada kesiapan operasional KEK Sei Mangkei yang dikoordinasi oleh Dewan Kawasan KEK Provinsi Sumatera Utara. Hal itu, lanjutnya, merupakan hasil karya bersama seluruh pihak terkait dalam menjawab penetapan KEK Sei Mangkei untuk mampu bersaing di tingkat global. Apalagi, katanya, KEK Sei Mangkei akan menjadi kawasan terintegrasi dengan Global Hub Port di Kuala Tanjung dan infrastruktur jalan tol Medan–Tebing Tinggi–Kuala Tanjung–Sei Mangkei berkelas dunia.

“Sesuai target kami, pemerintah Sumatera Utara ingin berkontribusi besar dalam struktur perekonomian nasional melalui KEK Sei Mangkei. Yaitu bisa mencapai 2-3% bagi PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Sumatera Utara. Karena itu, berbagai upaya terus kami lakukan untuk mewujudkan target tersebut. Sehingga rakyat Sumatera Utara bisa menikmati perekonomian dengan adanya KEK Sei Mangkei yang terintegrasi melalui pelayanan professional.

Meski demikian, Gatot menambahkan pencapaian Sumatera Utara dalam membangun dan mengembangkan KEK Sei Mangkei diharapkan bisa berkontribusi signifikan bagi perekonomian daerah dan nasional. Utamanya, dalam mensejahterahkan masyarakat lokal.

Saat ini Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei menjadi percontohan bagi pembentukan lima Kawasan Ekonomi Khusus lainnya yang berada di luar Jawa. KEK Sei Mangkei sudah mulai beroprasi dengan kemajuan yang cukup menggembirakan dimana saat ini sudah terbentuk Dewan KEK Sei Mangkei dan listrik yang untuk sementara sudah mencukupi beroprasinya pabrik oleochemical PT Unilever.

Keterangan Foto: Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho (kanan) bersalaman dengan Sekretaris Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Enoh Suharto Pranoto, usai berdiskusi tentang progress KEK Sei Mangkei. Gubernur Gatot menyatakan siap menjadi Duta KEK Nasional untuk berbagi pengalaman dalam mengelola dan membangun KEK Sei Mangkei, kepada Kepala Daerah di seluruh Indonesia yang telah memiliki KEK maupun yang tengah mengusulkan KEK di wilayahnya. Gubernur Gatot menyatakan optimistis KEK Sei Mangkei mampu menyumbang angka 2-3% bagi PDRB Sumatera Utara tahun 2015.



Sumber: Humas Kantor Gubernur Sumatera Utara

Post a Comment

 
Top