GuidePedia

0
PESAWARAN (3/5) – Anggota Fraksi PKS DPR RI Almuzzammil Yusuf menyatakan batu akik memiliki nilai keindahan yang secara ekonomi berpotensi menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat. Namun, ia berpesan pencarian batu khas Pesawaran tersebut harus mementingkan kelestarian lingkungan.

Almuzzammil menyampaikan hal ini saat berkunjung dan menyerap aspirasi tokoh masyarakat di Desa Rusaba, Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Rabu (29/4). Selama reses di Pesawaran, Bang Jamil, sapaan akrab Almuzzammil, dikawal seorang kolektor batu akik, Syamsudin.

Di depan Almuzzammil, pria yang dikenal dengan nama Mat Peci itu sempat mengungkapkan jika ia mengoleksi batu akik sejak puluhan tahun lalu. Ia memiliki koleksi batu akik jenis kecubung wulung, cempaka, dan beberapa yang lain.

"Koleksi saya bermacam-macam ada jenis kecubung wulung, cempaka dan lain sebagainya. Bahkan dua diantaranya saya simpan di dalam badan dengan ditelan," ungkap Mat Peci.

Melihat Mat Peci begitu antusias menjelaskan koleksi batu akiknya, Bang Jamil lantas mengajak Mat Peci untuk ikut lomba batu akik khas Pesawaran yang akan diselenggarakan olehnya.

"Bulan ini (Mei 2015) bakal kita adakan lomba batu akik khas Pesawaran, Mat Peci ikut ya," ajak Bang Jamil sambil menyenter batu akik koleksi Mat Peci.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat setempat, Jamhari, berkesempatan menyampaikan harapan tentang pentingnya peran kader PKS dalam membina kelompok tani di daerah tersebut. Ia berharap Anggota DPR RI dapat mengadvokasi kebutuhan-kebutuhan para petani di tingkat pusat.

"Sebagai Anggota DPR pusat, kami harapkan Bang Jamil ada peran yang cukup besar di pusat. Misalnya melakukan advokasi-advokasi kebutuhan para petani di desanya," kata Jamhari.

Menanggapi harapan tersebut, Sekretaris Fraksi PKS MPR RI tersebut menyampaikan bahwa ia dan para tenaga ahlinya siap mencatat dan menyampaikan aspirasi masyarakat ke pihak-pihak terkait di tingkat pusat.


"Reses kali ini kami membawa serta dua tenaga ahli kami di DPR. Mereka yang akan mencatat kebutuhan-kebutuhan Bapak-Bapak sekalian, sekaligus berkomunikasi di tataran teknis bagaimana alur advokasi dari daerah hingga ke pusat," jelas Bang Jamil.

Keterangan Foto: Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Almuzzammil Yusuf menyenter batu akik koleksi Syamsudin saat reses di Desa Rusaba, Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Rabu (29/4). 

Post a Comment

 
Top