GuidePedia

0
TANGERANG (11/5) – Ada tiga tahap yang harus dilakukan seorang muslim saat bertemu Bulan Ramadhan. Tiga tahap itu antara lain pra Ramadhan (menjelang), saat Ramadhan, dan paska Ramadhan (setelah). Rohaniwan Jamhuri menyampaikan hal tersebut saat memberikan materi tentang Ramadhan dalam acara Kajian Keislaman DPC PKS Kelapa Dua di Aula Al Fityan Tangerang, Ahad (10/11).

“Dalam pra Ramadhan kita harus memiliki persiapan. Pertama, persiapan ruhani. Kita harus berbahagia menyambut Ramadhan, memperbanyak amal di bulan Rajab dan Sya’ban, serta senantiasa berdoa memohon kepada Allah agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan,” kata pria yang akrab disapa Ustadz Jamhuri itu.

Selain persiapan ruhani, Ustadz Jamhuri mengatakan seorang muslim juga harus memiliki persiapan ilmu, harta, dan fisik dalam menyambut Ramadhan.

“Seorang muslim juga harus memiliki kesiapan ilmu, seperti ilmu tentang puasa, ilmu tentang zakat fitrah, ilmu tentang itikaf, dan ilmu yang terkait dengan bulan Ramadhan,” katanya.

Ustadz Jamhuri mengingatkan seorang muslim sebaiknya mempersiapkan maal (materi) jauh-jauh hari sebelum Ramadhan. Sehingga ketika Ramadhan, seorang muslim tidak sibuk mengumpulkan materi hingga mengganggu ibadah.

Sedangkan saat Ramadhan tiba, lanjutnya, seorang muslim harus meningkatkan kualitas ibadah dibandingkan hari-hari biasa. Ibadah-ibadah yang dimaksud seperti menjaga sholat berjamaah di masjid, meningkatkan infaq, tilawah Al Quran minimal 1 bulan khatam tiga kali, mengikuti itikaf di masjid, dan sebagainya.

“Lalu ketika Ramadhan usai, maka seorang muslim harus lebih baik dari sebelum Ramadhan,” tutup Jamhuri.


Sumber: Humas PKS Kelapa Dua Tangerang

Post a Comment

 
Top