GuidePedia

0
BEKASI (6/6) - Pagi itu sekelompok anak muda berkumpul di tempat yang penuh dengan sampah daur ulang. Mereka adalah anak anak muda yang tergabung dalam sebuah komunitas yang peduli terhadap lingkungan yaitu KSB (Komunitas Sapu Bersih).

Komunitas ini aktif dalam pengelolaan sampah, setidaknya ada dua program unggulan yang ditawarkan KSB kepada masyarakat, yakni Bank Sampah dan Hibah Barang Bekas. Selain mendapatkan keuntungan dalam bentuk materi program ini juga bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan.
Program Bank Sampah oleh KSB ini sudah berjalan sejak Mei bertempat di Kampung Pondok Benda RT 005 RW 001, Kelurahan Jati Rasa, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi. Alhamdulillah warga sangat antusias berpartisipasi dalam kegiatan Bank Sampah, saat ini telah bergabung setidaknya 50 orang anggota.
Bank Sampah yang dikoordinatori oleh Khaidir ini teknisnya sangat sederhana. Setiap warga menyetorkan sampah yang sudah dipilah di rumah masing-masing, untuk pengumpulan ditentukan pekan pertama setiap bulan. Saat ini barang yang ditampung baru sampah dalam bentuk anorganik seperti botol plastik, gelas plastik, kardus, kertas koran, majalah bekas.
Warga yang menyetorkan sampah akan diberikan buku tabungan. Tabungan yang ditawarkan ke warga ada beberapa bentuk pilihan, yaitu (1) Tabungan Hari Raya (2) Tabungan SPP, dan (3) Infaq Sosial.
Warga diberikan pilihan untuk memilih salah satu pilihan tabungan. Diharapkan dengan tabungan tersebut dapat menumbuhkan semangat dan membangun rasa kebanggan.

Terompah bukan sembarang terompah
Terompah belinya di Gunung Ijen
Bank sampah bukan sembarang bank sampah
Bank sampah KSB memang yang paling keren
Salam,
Tim KSB

Post a Comment

 
Top