GuidePedia

0
CIBINONG (31/5) - Pos Ekonomi Keluarga (EK) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Cibinong melaksanakan konsolidasi pembinaan rutin bagi ibu-ibu untuk menopang perekonomian keluarga pada Ahad, (31/5) di Kantor Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKS Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ketua Seksie Perempuan (Sekpuan) DPC PKS Cibinong, Nunung Pujiyati mengatakan banyak agenda Pos EK yang bisa dilakukan oleh ibu-ibu, baik dari rumah hingga di tengah masyarakat.

“Agenda Pos EK dimaksudkan untuk memaksimalkan peran ibu-ibu dalam menopang perekonomian keluarga,” ujar Nunung.

Sementara itu, Ketua Pos EK DPC PKS Cibinong, Neni Sumarni menambahkan agenda-agenda Pos EK yang telah terbentuk harus dimaksimalkan.

“Saat ini Pos EK Cibinong baru terpusat pada 4 titik, yaitu pos EK Kampung Kandang dengan produk aneka cemilan dan catering, Pos EK Bukit Asri dengan produk susu kedelai, Pos EK Bogor Asri 1 dengan produk kreasi kain flannel, dan Pos EK Bogor Asri 2 dengan produk daur ulang sampah,” jelas Neni.

Neni melanjutkan selain dari kegiatan yang biasa dilakukan, Pos EK juga harus dapat bekerjasama dengan lembaga pemerintahan terkait.

“Pos EK kedepannya akan menggaet Deperindag (Departemen Perindustrian dan Perdagangan) serta koperasi-koperasi yang ada sebagai wadah menampung hasil karya dari Pos EK, kemudian menjualnya kepada khalayak,” imbuh Neni optimis.

Diketahui, fokus kerja Pos Eka adalah pemberdayaan ekonomi keluarga, terutama pembinaan ibu-ibu rumah tangga yang turut serta menopang perekonomian keluarga. Pos Eka berdiri melalui sosialisasi Bank Sampah di masyarakat. Sejak peresmian sebelum Pemilu 2014, Pos Eka PKS Cibinong telah memiliki 10 Bank Sampah, dan sekarang sudah berkembang hingga 30 titik di Cibinong.

Oleh karena beban kerja semakin berat, maka pada tahun 2015 Pos Eka membagi 2 kepengurusan yang berbeda, yaitu Bank Sampah dan Pos EK. Bank Sampah diambil alih oleh Komunitas Masyarakat Peduli Lingkungan (KMPL), sedangkan pembinaan ekonomi diamanahkan kepada Pos EK.


Saat ini Pos EK yang sudah mulai aktif adalah Pos EK Kampung Kandang dengan jumlah anggota 20 orang. Setiap sebulan sekali diselenggarakan pertemuan rutin. Oleh karena berawal dari Bank Sampah, maka Pos EK Kampung Kandang bersinergi dengan DKP melalui wadah KMPL. Kedepan, Pos EK Kampung Kandang juga akan berupaya menjalin kerja sama dengan Deperindag dan koperasi. 

Sumber: Humas PKS Cibinong

Post a Comment

 
Top