GuidePedia

0
BEKASI (31/5) - Fenomena netizen dalam keluarga membuat generasi sunyi, virus menunduk, mendekatkan yang jauh - menjauhkan yang dekat, introvert kepada keluarga - extrovert kepada publik, serta menjadi generasi digital native.

Rohaniwan Budi Darmawan menyampaikan hal itu dalam Seminar Parenting Cerdas Mendidik Anak di Era Digital yang diselenggarakan oleh Rumah Keluarga Indonesia (RKI) di Aula Masjid Husnul Khotimah, Jatisari, Kota Bekasi, Ahad (31/5).

“Dalam kehidupan nyata anak cenderung menuntut rentang kebebasan yang lebih. Ketika sekolah dan rumah dikuasai oleh orang dewasa, generasi digital native memilih berinteraksi di media sosial sebagai ruang yang baru yang mereka kuasai,” ujar ayah 13 anak yang akrab disapa Ustadz Budi itu.

Pemateri lain, Hilman Rosyad Syihab menekankan pentingnya peran orang tua memberikan pemahaman dalam aspek syariah kepada anak-anak generasi digital.

“Sebagai orang tua, kita harus membentengi anak-anak dengan hal hal positif, menanamkan aqidah yang kuat, lebih banyak berinteraksi secara hubungan emosional yang baik, dan memperkenalkan anak kepada dunia nyata,” papar Ustadz yang juga seniman tersebut.

Kegiatan seminar parenting didukung penuh oleh aparat pemda setempat, ditandai dengan hadirnya Camat Jatiasih Ahmad Zarkasi  beserta jajaran Lurah se-Jatiasih. Dalam sambutannya, Ahmad Zarkasi mendukung penuh kegiatan masyarakat dalam memberikan pendidikan yang positif bagi warga.

“Intinya, setiap kegiatan yang positif dalam mendidik warga akan saya dukung penuh,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Seminar Fitana berharap seminar parenting bisa menjadi bekal untuk para orang tua mendidik anak di era digital.

“Dengan adanya seminar ini, diharapkan para orang tua di Jatisari dan Jatiasih umumnya, memiliki kekuatan untuk meminimalisasi dampak era digital pada anak,” harapnya.

Di akhir kegiatan, acara ditutup dengan penandatanganan Deklarasi Komunitas Peduli Perangkat Digital Sehat oleh aparat pemerintah dan para tokoh dari masing-masing kelurahan.

Sumber: Humas PKS Kota Bekasi 

Post a Comment

 
Top