GuidePedia

0
Ahad pekan ke2 bulan Juni menjelang Bulan Suci Ramadhan menjadi Ahad teristimewa bagi Ayah Dono Pratomo dan Ummi Hamidah Dwi Agustini. Kedua mata mereka gerimis bukan karena sedih, tapi karena berbahagia Ananda Abdul Majid Jaisyulhaq berhasil menuntaskan 30 Juz hafalannya.

Haqi demikian biasa dipanggil sedang mengikuti Program khusus Qur'an Fun Camp yang diselenggarakan Rumah Penghafal Qur'an Mahabbatul Qur'an tanggal 26 Mei sampai 14 Juni (Program 20 hari). Haqi berhasil menuntaskan sisa hafalannya 17,5 Juz dalam 20 hari.

Haqi mulai menghafal sejak usia sekolah dasar. Kelas 1 SMP hafal 2 Juz, kelas 2 SMP hafal 5 Juz, kelas 3 SMP hafal 5,5 Juz. Total anak ke 2 dari 5 bersaudara ini rampung 12,5 Juz bersamaan tuntasnya pendidikan jenjang SMP. Ummi Hamidah berbagi kisahnya.

Remaja yang lahir di Jakarta bertepatan dengan hari kemerdekaan hampir 17 tahun yang lalu di mata Umminya memiliki karakter menonjol, sebagai pribadi yang pemberani dan percaya diri sejak kecil. Haqi kecil sering menghilang jika ke tempat-tempat baru , ketika hari pertama masuk sekolah Haqi berkeliling kelasnya juga kelas-kelas yang lain, tidak seperti anak-anak lain yang agak takut-takut masuk kelas. Haqi membuka setiap pintu ruang kelas di sekolahnya untuk mengetahui seisi ruangan.

Haqi pun bisa naik sepeda dan motor sendiri tanpa ada yang mengajarkan. Di usia SMP Haqi mewakili sekolahnya di Kota Depok Lomba Tahfizh Juz 29-30 dan berhasil merebut Juara 1 juga piala dari Wali Kota Depok.

Remaja yang berpenampilan umumnya remaja lain ini mengungkapkan perasaannya ketika menuntaskan hafalannya. “Sangat senang dan merasa sangat bersyukur terhadap karunia yang telah Allah SWT berikan kepada saya, karena orang yang dipilih oleh Allah untuk menjaga kalimahNya bukanlah orang sembarangan, Allah akan memilih hambaNya dengan benar-benar selektif untuk menjaganya," ujarnya haru.

Motivasi terkuat Haqi berasal dari dirinya sendiri walau awalnya juga dari dorongan orangtua, karena Haqi sangat ingin membanggakan orangtuanya. Ia juga mengungkapkan tertarik menghafal sejak kelas 7 SMP semester 2 tahun 2011. Ketika bersekolah di SMPIT Al A'raf Boarding School Sukabumi, tempat pertama kali lancar membaca Al Qur'an, dan mulai menghafal Juz ke 30 dengan naghom Syeikh Al Mathrud.

Haqi mengungkapkan tidak ada sama sekali paksaan dari orangtua, melainkan memang senang menghafal, terlebih berkesempatan menjadi imam, ia senang bila bacaannya maksimal dan bisa khusyu’ menikmatinya. Haqi pernah berhenti menghafal, karena seperti remaja lain ia pun suka dengan tantangan baru, mencari pengalaman hidup, dan bermain seperti layaknya remaja lainnya. Haqi juga mulai belajar berbisnis hingga bisa memenuhi salah satu hobinya fotografi dengan membeli kamera dan motor sendiri.

Namun kerinduan untuk menuntaskan hafalannya demikian kuat memanggilnya hingga ada...

Selanjutnya Siswa Kelas XI SMA Hafidz Qur’an 30 Juz (2)  

Keterangan Foto: Dari kiri ke kanan - Ayah Dono Pratomo, Ananda Abdul Majid Jaisyulhaq (Haqi), dan Ummi Hamidah Dwi Agustini saat wisuda program khusus Qur'an Fun Camp, Ahad (14/6).

Post a Comment

 
Top