GuidePedia

0
BONDOWOSO (21/7) - Bondowoso jadi kota debu. Butiran debu tampak dimana-mana. Angin yang berhembus ke arah utara membawa abu vulkanik erupsi Gunung Raung menjadikan sebagain besar wilayah Bondowoso seperti Kecamatan Sumber Wringin, Kecamatan Tlogosari, dan Kecamatan Sempol tertutup debu. Siang tak lagi panas karena tertutup arakan debu yang membuat mata perih jika tidak ditutup helm standar atau berkaca mata.

Selasa (21/7) pukul 09.00 WIB rombongan yang dipimpin ketua DPD PKS Bondowoso tiba di rumah Fathorasi, aleg PKS yang berdomisili di Tlogosari. Menurut pantauan Tim Kepanduan yang sehari sebelumnya memetakan desa terparah yang sangat membutuhkan bantuan, tim berkoordinasi merencakan aksi. Setelah dicapai kata sepakat, tim PKS Bondowoso yang membawa ribuan masker dan obat tetes mata bergerak menuju lokasi terdampak abu vulkanik Gunung Raung.
"Setelah kemarin kita membagikan masker kurang lebih 3.500 kepada masyarakat, sekarang kami membawa lagi 10.000 masker. Kami juga membawa obat-obatan ringan untuk ISPA dan obat mata. Hari ini kami akan menyebarkan masker di beberapa titik, diantaranya Desa Sulek, Desa Brambang, dan Desa Kembang," kata ketua DPD PKS Bondowoso, Ketut Budi Kartiko. 
Banyak warga mengeluhkan langkanya masker. Tidak samanya informasi yang dari Provinsi dan Kabupaten membuat masyarakat khawatir karena hujan abu terjadi tiap hari dengan intensitas makin tinggi. 
"Ditambah minimnya stok di apotik menjadikan masker jadi langka. Meskipun sekarang suasana lebaran kami tetap memberikan pelayanan. Prinsip kami, apapun yang terjadi kami tetap melayani," papar Yudi Kartiko ketika ditanya alasan memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat.
Rombongan PKS Bondowoso diterima langsung oleh Kepala Desa Sulek, Brambang dan Kembang. Kepada PKS mereka menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga. Selain bantuan masker dan obat-obatan, PKS juga diharap bisa membantu warga yang mulai merugi akibat erupsi. Beberapa peternak mengeluhkan hewan ternaknya menjadi lemas karena makan rumput yang banyak debu. Kebun dan tanaman juga tidak sedikit yang rusak akibat tertutup debu. Ketua rombongan, Yudi Kartiko berkomitmen untuk membantu mencarikan solusi atas keluhan tersebut.
Rabu besok (22/7) tim PKS Bondowoso akan melanjutkan perjalan ke Kecamatan Sumber Wringin untuk memberikan bantuan, khususnya di Desa Darungan dan Rejo Agung. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi dan menyalurkan bantuan dapat menghubungi Bapak Fathorasi (aleg PKS Bondowoso) di nomor telepon : 081249444243.

Sumber: PKS Bondowoso

Post a Comment

 
Top