GuidePedia

0
BANDUNG (22/8) – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan (Aher) mengungkapkan penggunaan gadget telah menurunkan minat baca masyarakat. Aher menyampaikan hal ini usai acara Penyerahan Hadiah Sastra Rancage 2015, di Gedung Perpustakaan Ajip Rosidi Yayasan Pusat Studi Sunda, Jalan Garut No.2 Bandung, Sabtu (22/8).

Menurut Aher, gadget berakses internet kini lebih mudah didapatkan masyarakat mulai anak yang duduk di sekolah dasar hingga orang dewasa. Gadget telah membuat masyarakat lebih malas membaca buku.

“Alasannya, membaca dapat dilakukan menggunakan gadget melalui internet dan electronic book (e-book),” ujarnya.

Aher menambahkan meskipun minat baca masyarakat di Jawa Barat naik dari 1% menjadi 3%, budaya membaca buku harus terus ditingkatkan. Aher menuturkan, kepuasan membaca seseorang tidak akan didapat jika dia tidak membaca buku.

“Sehebat dan secanggih apapun e-book, kepuasan membaca tidak akan terjadi tanpa membaca buku," ujarnya.

Oleh karena itu, Aher mengimbau seluruh masyarakat untuk mulai membangun kembali budaya membaca sedini mungkin, dan mengurangi ketergantungan pada gadget. Aher berpendapat selain dapat merusak mata, gadget juga secara perlahan telah menghapus budaya membaca.

“Apabila kita terlalu bergantung pada gadget untuk membaca, justru akan merusak mata juga boros kuota. Oleh karena itu, baca buku, beli buku," tutupnya.


Keterangan Foto: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (kanan) saat menerima kenang-kenangan dari penyelenggara Sastra Rancage 2015, di Gedung Perpustakaan Ajip Rosidi Yayasan Pusat Studi Sunda, Jalan Garut No.2 Bandung, Sabtu (22/8). Foto - Dudi Wahyudin. 

Post a Comment

 
Top