GuidePedia

0
METRO (23/8) – Sekretaris Fraksi PKS MPR RI Almuzzammil Yusuf mengatakan prinsip-prinsip pembangunan harus memenuhi 4E yakni efektif, efisien, ekonomis, dan etis. Oleh karenanya, jika ada pemimpin yang mampu melaksanakan prinsip 4E tentu harus didukung.

"Jika ada pemimpin yang dianggap mampu melaksanakan prinsip-prinsip 4E ini tentu harus didukung oleh rakyat", kata Muzzammil dalam Serap Aspirasi Masyarakat yang bertema “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Sistem Ketatanegaraan Indonesia”, Ahad (23/8) di LEC Metro, Lampung.

Anggota Komisi IV DPR RI ini menjelaskan prinsip pembangunan pertama yakni efektif, mengandung pengertian bahwa pembangunan harus tepat sasaran dan tepat fungsi.

"Tepat sasaran maksudnya siapa yang menerima manfaat dari pembangunan harus tepat dan terukur, sedangkan tepat fungsi artinya peruntukan dan tujuan pembangunam harus tepat,” jelas Muzzammil.

Menurut Muzzammil, efisien artinya mampu menggunakan sumber daya yang terukur sesuai kebutuhan pembangunan. Sedangkan ekonomis artinya pembangunan memiliki nilai-nilai dan memberikan kemanfaatan secara ekonomis kepada sasaran pembangunan.

Terakhir, masih menurut Muzzammil, prinsip etis artinya pembangunan harus taat asas hukum dan norma-norma yang berlaku.

Sementara salah satu peserta, Novianti menyatakan acara serap aspirasi bernilai penting dalam rangka menguatkan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, masyarakat juga semakin paham tentang aktualisasi kepemimpinan daerah.


Keterangan Foto: Sekretaris Fraksi PKS MPR RI yang juga Anggota Komisi IV DPR RI, Almuzzammil Yusuf (paling kiri) saat memberikan arahan dalam Serap Aspirasi Masyarakat di LEC Metro, Lampung, Ahad (23/8). 

Post a Comment

 
Top