GuidePedia

0
BANDUNG (24/8) – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan melakukan audiensi dengan Deputi Kesehatan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Rachmat Santika, mengenai Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan Sebagai Prioritas Utama Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi Guna Mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045 di Gedung Negara Pakuan Bandung, Senin (24/8).

Netty Heryawan mengapresiasi Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan yang dilakukan oleh Kemenko PMK dengan mengikutsertakan Pendamping Kader Posyandu (PKP) di Jawa Barat. Perlu diketahui ada 27 koordinator PKP Kabupaten/Kota dan 1500 PKP tingkat Desa, mengenai perbaikan gizi Jawa Barat sejak tahun 2010 telah mengembangkan Limbasrangan dalam penanganan gizi di masyarakat.

Lanjutnya, jika Jawa Barat dipilih dalam percepatan mempromosikan Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan dari segi kader kita sudah memiliki PKK. Selanjutnya pelatihan dan Workshop pada PKP dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia. Dengan mengikutsertakan masyarakat dalam program pembangunan maka dapat membantu pembangunan bangsa nantinya.

"Kita harus sepakat sekarang dengan adanya kerja yang konstruktif dari berbagai pihak baik dari pemerintah, pihak terkait dan masyarakat gerakan ini akan menjadi langkah awal dalam membentuk generasi emas yang berkualitas," harapnya.

Deputi Kesehatan Kemenko PMK, Rachmat Santika menuturkan Jawa Barat dan Jawa Tengah merupakan Provinsi terpilih untuk Gerakan Duta 1000 Hari Pertama Kegiatan dengan mengadopsi pengalaman dan kapasitas daerah melalui Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan. Gerakan ini telah dideklarasikan pada tanggal 14 Juni 2014 lalu di tingkat Nasional.

Maka perlu intervensi kegiatan langsung spesifik pada faktor gizi dan intervensi kegiatan gizi tidak langsung, sensitif memalui dukungan dan penguatan 1500 Pendamping Kader Posyandu di Jawa Barat," tambahnya.

Yang menjadi fokus utama intervensi yaitu kelahiran 5 juta bayi per tahun, tumbuh kembang 1000 Hari Pertama Kehidupan, kapasitas layanan kesehatan, peran masyarakat, dunia usaha, dan organisasi profesi,

Tujuan dari Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia diprioritaskan pada kesehatan, pendidikan, ekonomi, serta pemberdayaan perempuan dan anak. Sehingga menjadi anak yang sehat, cerdas, berakhlak mulia, terhindar dari kekerasan dan penelantaran.

Audiensi dihadiri oleh Deputi Kesehatan Kemenko PMK Rachmat Santika, Asisten Deputi Gizi KIA Kesling Meida Ocrarina, Direktur Bina gizi Kemkes Doddy Izwar, Ketua IDAI Jabar Aris Primary, Ketua IBI Jabar Ratminah, Project Leader PT. Sarihusada Rosie Kusuma, Direktur PKPU Agung Notowiguno, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Alma Lucyati dan Kepala Biro Bansos Dadi.


Sumber: Humas Pemprov Jawa Barat  


Post a Comment

 
Top