GuidePedia

0
DEPOK (7/8) - Pengolahan sampah di Depok saat ini mempunyai sistem yang terbaik di Indonesia, bukan hanya terbaik, tapi juga pertama kali untuk negara berkembang. Sementara, yang sudah melakukannya di negara maju seperti Jepang, Amerika, dan lainnya. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Kebersihan DKP Depok, Kusumo saat peresmian Unit Pengolahan Sampah (UPS) di RT3/6 Kelurahan Cinangka, Sawangan, Jumat (7/8).

Dia mengungkapkan, ketika rapat di kementerian, banyak kota yang menyelesaikan sampah di hilir, tapi Depok dari hulunya. Kusumo melanjutkan, dengan Perda Nomor 5 tahun 2014, mengamanahkan untuk pemilahan sampah dari sumber sampah, dari industri, jalan, restoran sampai RT.

“Sumber ini yang pertama kali dilakukan pengolahannya. Dulu kalau duduk di UPS tidak mau, karena baunya menyengat, tapi sekarang dibuktikan dengan berada di sini dan makan di UPS, itu sudah tidak ada bau menyengat,” jelasnya.

Dia menjelaskan, saat ini sudah ada 28 UPS yang beroperasi, ketika 40 UPS berjalan maksimal, dia yakin bahwa sampah di TPA tidak menggunung dan overload. “Saya mohon agar warga juga bisa memberikan sosialisasi kepada yang lain untuk andil dalam UPS dan tidak membuang sampah sembarangan,” tandasnya.

Lurah Cinangka, Fredi Garnida mengucapkan terima kasih kepada pihak DKP, kecamatan, operator UPS, RT/RW, LPM dan warga Cinangka atas dukungannya, sehingga UPS Cinangka bisa diresmikan. “Kendati baru diresmikan, tapi UPS ini sudah mengolah sampah organik sejak April, bahkan sudah ada yang panen,” ucap Fredi.

Kedepannya, dia mengharapkan agar UPS ini terus didukung untuk kegiatan pengolahan sampah organik. Sebab, kata Fredi, tanpa dukungan dari semua pihak, tidak mungkin berjalan maksimal. Fredi melanjutkan, dari UPS ini tujuan tidak hanya mengolah sampah organik. Tapi bagimana masyarakat tergugah untuk memilah sampah. 

“Hal ini tentu tidak mudah, karena membutuhkan proses, waktu dan kesadaran dari masyarakat sendiri. Insya Allah dengan adanya UPS, kegiatan pemilahan sampah dapat berjalan baik dan bermanfaat untuk masyarakat. Sesuai dengan tema peresmian kami,” pungkasnya.

Sekcam Sawangan yang mewakili Camat Sawangan, Amanulah Sarwi mengaku bangga dengan diresmikannya UPS di Kelurahan Cinangka. Hal ini sejalan dengan program Kota Depok dalam mewujudkan lingkungan kebersihan dan sehat. 

“Kami dari Kecamatan Sawangan mengucapkan terima kasih atas perhatian dan antusias masyarakat sini. Bahasanya saja peresmian, tapi sudah dari bulan empat berjalan, hanya sekedar persyaratan,” kata Sarwi.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga memberikan bantuan untuk memfasilitasi kelancaran UPS, berupa keranjang pemilahan, ember dan ayakan. “Saya mohon agar masyarakat di sini dapat memanfaatkannya dengan baik,” tuntasnya.

Keterangan Foto: Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail beserta jajaran Pemkot dan masyarakat Kota Depok saat melakukan aksi bersih bersama (01/03/2013).

Post a Comment

 
Top